Di negara ini ada festival penghormatan bagi kucing

MEDIAWARTA.COM – Bagi orang Jepang, kucing adalah hewan yang istimewa. Bahkan, konon para kaisar Jepang yang pernah menduduki tahta pemerintahan juga memelihara kucing . Hal itu dikarenakan warga Jepang sangat menghormati kucing, mereka percaya bahwa kucing adalah hewan kesayangan Dewa Amaterasu, dewa matahari.
Jelang perayaan Halloween, masyarakat Jepang menggelar festival unik yang dinamakan Banekeko Festival. Event ini digelar 18 Oktober lalu di kawasan Kagurazaka, Tokyo. Kata ‘Banekeko’ sendiri berarti kucing yang telah berubah. Istilah ini digunakan  masyarakat Jepang untuk menggambarkan kucing yang memiliki kekuatan supernatural. Festival Banekeko memang digelar untuk menghormati arwah para kucing.
Warga Kagurazaka diwajibkan menggunakan kostum kucing saat pawai di jalan. Hal ini kemudian menarik minat turis untuk datang ke Kagurazaka, turut serta dalam festival dan juga berdandan layaknya kucing.
Seperti dilansir Reuters, setiap orang boleh datang, darimana pun asal mereka, asalkan mereka berpakaian seperti kucing,” demikian dijelaskan  penyelenggara acara Okameya Yuko.
Kagurazaka Bakeneko merupakan festival atau parade di Jepang yang sangat unik, karena ia merupakan Halloween yang harus bertemakan kucing. Festival ini diilhami dari sebuah novel jepang yang sangat terkenal dan berjudul Wagahai ha Neko de Aru (I am a Cat). Kalimat awal dari tulisan tersebut adalah “Wagahai ha Neko de Aru. Namae ha mada nai”(I am a cat. I don’t have a name yet/Aku seekor kucing. Aku belum memiliki nama) merupakan kalimat yang sangat diingat oleh seluruh masyarakat Jepang tentang novel ini.
Memang novel ini merupakan sebuah novel yang sangat sarat dengan obsesi masyarakat Jepang dengan kucing.Mereka yang datang ke festival tersebut datang dengan berbagai gaya kucing, mulai dari bando telinga kucing yang sederhana, hingga kostum kucing rumit yang melibatkan body painting.
Kagurazaka Bakeneko juga selalu dikaitkan sebagai “Ghost Cat Party” karena mereka sangat menghormati harkat hidup kucing sehingga arwahnya juga harus dihargai dengan diadakannya parade ini. Jika kita ingin mengikuti parade ini dan tidak memiliki perlengkapan yang bertemakan kucing, dengan 500 yen kita akan mendapatkan make-up kucing instan diwajah kita “Kagurazaka adalah kota yang terkenal dengan kucingnya dan karena Halloween sudah dekat, kami merayakan Halloween, musim gugur dan kecintaan pada kucing dalam satu festival besar,” terang Yuko.
Sherry elronnie

Komentar

Check Also

Berselancar Bersama Komunitas Inline Skate di Roof Top Nipah Mall

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Sejak tahun 90-an sepatu roda menjadi permainan yang menarik dan diminati anak-anak …

Share This
Mediawarta