Panggilan Emergency 112 akan dilaunching di ultah Makassar 409

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Wali kota Makassar Danny Pomanto mengumumkan akan kembali melauching sejumlah inovasi baru pelayanan publik pada ulang tahun kota Makassar yang ke 409.

Ia mengungkapkan hal ini saat rapat kordinasi pelaksanaan HUT kota Makassar bersama seluruh jajaran SKPD lingkup kota Makassar di kediamannya, Jl. Amirullah, Senin (31/10)/2016).

Beberapa inovasi yang disebutkan akan dilaunching antara lain, panggilan darurat (emergency call) 112, 100 unit kaki lima hasil disintensif yang tidak membebani anggaran negara, Badan Usaha Lorong (BULO), kamera infrared, Homecare Laut, dan Lansia Care.

“Filosofinya kali ini ‘semua untuk rakyat’ karenanya kita menghadirkan inovasi baru untuk memaksimalkan pelayanan kita terhadap masyarakat,” ucapnya.

Khusus panggilan 112, Danny menjelaskan bahwa nomor tersebut memang dipersiapkan untuk berbagai kepentingan darurat seperti kebakaran, gangguan keamanan, kecelakaan, dan berbagai peristiwa darurat lainnya. Oleh Danny layanan ini dinamainya Care and Resque Centre (Carester).

Kepala Bagian Humas Pemkot Makassar Firman Hamid Pagarra menambahkan layanan emergency call ini memiliki fungsi yang sama dengan 911 di Amerika Serikat.

“Jadi 112 ini sama dengan panggilan darurat 911 di Amerika. Seluruh keperluan masyarakat yang sifatnya darurat akan di-cover dengan cukup menekan 112 dari telpon mereka,” jelasnya.

Seluruh mantan Wali Kota dan wakil wali kota Makassar beserta keluarga juga akan diundang khusus bersama raja-raja bugis Makassar sebagai bagian dari sejarah perjalanan kota Makassar hingga mencapai usianya yang sekarang ini.

Selain itu Danny juga akan mengundang RT/RW se-Makassar sehingga diperkirakan acara pembukaan yang bakal dilaksanakan di lapangan karebosi tersebut dihadiri setidaknya 10.000 warga.

Ada pun kegiatan kata Danny akan dikemas secara sederhana, lebih Makassar dan pada sesi hiburan sepenuhnya akan diisi oleh artis-artis lokal Makassar.

Comment