Pemprov Sulsel optimis ekspor meningkat dengan tercapainya dwelling time 2,5 hari

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR- Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Kepolisian Daerah Sulsel dan Otoritas Pelabuhan Makassar, PT Pelindo IV (Persero) serta instansi terkait berharap semua pihak menjaga agar dwelling time di Pelabuhan Makassar dapat dipertahankan dan dikembangkan lagi menjadi lebih baik ditahun mendatang.

Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo mengatakan, selama ini semua pihak baik Kapolda Sulsel dan Instansi terkait seperti Otoritas Pelabuhan, Bea cukai, Pedagangan dan perindustrian, Karantina dan instansi lainnya termasuk PT. Pelindo IV selaku operator pelabuhan telah bekerja dengan sangat baik untuk menutunkan capaian dwelling time.

Selain itu gubernur juga mengatakan sejauh ini pihak pemerintah juga telah berusaha melakukan peningkatan ekspor sejalan dengan pencapaian dwelling time dipelabuhan Makassar yang kian membaik. “yaitu fokus pada keunggulan komuditas ekspor seperti pertanian, perkebunan dan perikanan dan tentunya produk ekspor tersebut haruslah memiliki nilai tambah, dari produk setengah jadi menjadi produk yang sudah jadi” jelasnya dalam jumpa pers beberapa waktu lalu (18/12/2016)

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulsel Irjen Pol Anton Chaliyan mengutarakan bahwa selama ini pihaknya tidak hanya berperan sebagai keamanan masyarakat namun juga dalam kelancaran ekonomi Negara.

“untuk itu, kami kami juga telah berperan aktif dalam upaya-upaya penurunan dwelling time maupun peningkatan ekonomi Sulsel” ujarnya

Dia juga menghimbau agar tidak ada lagi pihak-pihak yang melakukan pungutan liar diluar ketentuan yang berlaku secara resmi. “pokoknya yang tidak ada ketentuannya dalam pelayanan tidak boleh ada pungutan,” tegas Anton

Direktur PT Pelindo IV Doso Agung mengungkapkan, selama ini semua pihak terkait telah berupaya melakukan penurunan dweeling time, antara lain dengan membentuk desk dweeling time yang tidak hanya melibatkan pelaku usaha, tapi juga pemerintah daerah dan pihak kepolisian.

“Dengan demikian seluruh hambatan yang ada dapat segera diatasi dengan dwelling time saat ini dikisaran stabil antara 2,5 hari, “ jelas Doso Agung

Pihaknya berterima kasih kepada Pemprov, Kapolda Sulsel, Ototritas Pelabuhan, Bea Cukai, Karantina, Perindustrian dan perdagangan karena berhasil mewujudkan pelayanan yang maksimal. Dia pun berharap, supaya semua pihak terus menjaga agar dweeling time dapat dipertahankan di angka maksimal 2,5 hari atau bahkan angka itu dapat di tingkatkan menjadi lebih kecil lagi di waktu mendatang.

Jumpa pers yang digelar di lantai 7 gedung Kantor Pusat Pelindo IV dihadiri Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, Kapolda Sulsel Anthon Charliyan dan Direktur Utama Pelindo IV Doso Agung dan pihak-pihak terkait dalam upaya penurunan dwelling time di pelabuhan Makassar, Kapolres Pelabuhan, Bea Cukai, Balai karantina dan Syahbandar yang ada di wilayah Pelindo IV

Comment