4 Kesalahan mengolah ikan yang mengurangi nutrisi dan kelezatannya

MEDIAWARTA.COM – Ikan sebagai salah satu sumber protein hewani yang dkonsuimsi oleh hamper seluruh manusia di bumi. Nutrisi yang terkandung pada ikan mulai dari protein, asam lemak omega3, vitamin, hingga mineral sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Tak hanya itu, rasanya yang enak dan gurih membuat ikan semakin banyak penggemarnya.

Namun bayak yang tidak tahu cara mengolah ikan dengan benar, kesalahan saat memasak ikan ternyata bisa mengurangi rasanya yang lezat, hingga mengurangi nutrisi pada ikan. Melansir dari purewow.com pada Sabtu (24/12/2016) berikut 4 Kesalahan mengolah ikan yang mengurangi nutrisi dan kelezatannya

 Tidak meniriskan sampai benar-benar kering

Sebelum memask ikan pastikan untuk mengeringkan ikan terlebih dahulu. Sisa air yang ada pada ikan akan membuatnya terasa lembek saat Anda memasaknya. Jika Anda ingin ikan yang gurih dan renyah sebaiknya Anda harus meniriskan minyak yang ada pada ikan dengan benar. Anda bisa menggunakan tisu untuk menyerap minyak pada ikan lebih cepat.

Meletakan ikan ke wajan yang belum panas

Meletakan ikan ke dalam wajan yang belum panas akan membuat ikan Anda matang dengan tidak merata. Sebelum memanggang ikan, sebaiknya wajan dioleskan dahulu dengan minyak atau mentega. Pastikan juga tingkat api nya sedang.

Tidak mengecek tulang ikan

Walaupun pada kemasan ikan yang Anda beli di supermarket tertulis “Tanpa Tulang”, bukan berarti tidak ada tulang yang tersisa. Tekan dengan lembut ikan dengan jari-jari Anda untuk merasakan tulang yang masih tersisa.

Memasak saat ikan masih beku

Menggoreng ikan saat masih dingin atau bahkan beku, bisa membuat tingkat kematangannya tidak merata. Di bagian luar biasanya sudah terlihat matang tapi didalam ikan biasanya masih mentah. Sebelum memasak ikan dari dalam kulkas, pastikan untuk membiarkannya terlebih dahulu selama 15 menit.

 

Dari berbagai sumber

Foto: Internet

Komentar

Check Also

RS Siloam Makassar Hadirkan Test Swab Dengan Hasilnya Tidak Pakai Lama

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Pemeriksaan swab untuk mendeteksi penyebaran Covid-19 dalam tubuh, beberapa waktu lalu sempat …

Share This
Mediawarta