Aplikasi Turn Back Hoax dapat menyaring pemberitaan bohong

MEDIAWARTA.COM, Peredaran berita di internet memang terkadang susah untuk dibedakan mana yang benar dan mana yang hoax. Sajian Bahasa dan konten yang bagus merupakan cara jitu para penyebar berita bohong untuk mengelabuhi korbannya. Turn Back Hoax adalah langkah antisipasi masyarakat pengguna internet untuk menyaring informasi yang diterima, setidaknya mengurangi dampak penyebaran berita bohong ke masyarakat luas.

Dikutip dari selular.id, berita hoak di Indonesia saat ini tidak bisa lagi dianggap sepele. Apalagi menjelang momen-momen penting, seperti hal ajang Pemilihan Kepala Daerah, yang saat ini sedang memasuki masa kampanye. Bukan tidak mungkin karena kabar bohong, pendukung pasangan tertentu bisa bertindak anarkis, lantaran terlanjur percaya dengan berita yang belum tentu benar asal usulnya itu.

Demi menangkal berita tidak bertanggung jawab di dunia maya, beberapa pihak telah mengambil langkah dengan mengembangkan aplikasi anti hoax, seperti yang dibuat oleh Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel). Kini demi melengkapi fiturnya, Mastel menambahkan fitur pelaporan berita bohong di aplikasi anti hoax yang dikembangkannya.

Nantinya, laporan tersebut akan langsung disampaikan Mastel kepada otoritas di Kementerian Kominfo RI dan Forum Penanganan Situs Internet Bermuatan Negatif, sehingga bisa menjadi Basis pelaporan berita hoax dan ditindaklanjuti oleh pemerintah selaku regulator,

Langkah Mastel menambah fitur pelaporan hoax ini, demi mendukung gerakan Turn Back Hoax. Mastel sebagai bagian dari elemen masyarakat mengangkat mekanisme crowdsourcing (urun daya), pelaporan berita fitnah dan hoax yang sudah dikembangkan oleh aktivis Turn Back Hoax.

Fitur laporkan hoax di aplikasi Mastel, mengandalkan partisipasi masyarakat guna melaporkan setiap berita fitnah dan hoax agar tidak tersebar luas.

“Ayo kita dukung gerakan Turn Back Hoax, marilah bersama sama kita berantas berita fitnah dan hoax secara sistematis dan berkesinambungan untuk mewujudkan Masyarakat yang lebih beradab,” demikian pesan Mastel dalam keterangan tertulisnya.

Aplikasi anti hoax ala Mastel ini, sudah tersedia untuk Android dan iOS. Yuk tunggu apalagi, saatnya kita “Turn Back Hoax”.

foto: Internet

Komentar

Check Also

Peringati Hari Ozon, AHM Dukung Aktivis Lingkungan dengan 1.000 Sembako

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA – Bertepatan dengan peringatan Hari Ozon sedunia, PT Astra Honda Motor (AHM) membagikan …

Share This
Mediawarta