AS mengimpor 1000 ton rambut wanita dari India, untuk apa?

MEDIAWARTA.COM, NEW YORK – Para wanita AS tidak tahu dan cenderung tidak peduli dari mana asal rambut ekstension yang mereka gunakan.

Williams dan Schiavocampo pun menyusuri asal muasal rambut ekstension yang memang asli berasal dari rambut manusia tersebut.

Brian Williams, koresponden dari NBC Nightly News, bersama dengan Mara Schiavocampo, mengelilingi sejumlah negara untuk menyimbak ritual kecantikan wanita di dunia.

Bermodalkan tripod, kamera, dan laptop, Williams dan Schiavocampo melaporkan bahwa wanita di Amerika Serikat keranjingan tren rambut ekstension untuk mendapatkan hasil rambut yang lebih tebal dan panjang. Ternyata, rambut ekstension itu berasal dari India.

Menurut penemuan Schiavocampo lebih dari 1.000 ton rambut wanita India diekspor ke Amerika Serikat untuk digunakan sebagai rambut penyambung atau hair extension.

Schiavocampo mengatakan bahwa kebanyakan rambut wanita India yang diciptakan menjadi hair extension tersebut berasal dari kuil bernama Venkateswara Temple, India Selatan.

Kuil itu adalah tempat ibadah yang mewajibkan umatnya untuk melakukan pengorbanan untuk Lord Ventakeswara dengan menggunting rambut mereka.

“Ini adalah bagian dari ritual yang disebut persembahan dan pengorbanan, mereka menggunting rambut untuk kebutuhan ibadah,” jelas Schiavocampo.

“Setiap hari, ribuan umat hindu mengantre untuk menggunting rambut di tempat yang telah disediakan untuk membahagiakan tuhan mereka,” imbuhnya.

Kemudian, rambut-rambut persembahan yang sudah tidak pakai itu dibuat menjadi hair extension dan dijual kepada eksportir.

Penjualan rambut tersebut memberikan penghasilan untuk kuil sebesar 18 juta dollar AS atau lebih kurang Rp 252 miliar selama satu tahun.

“Aku memasang harga 2000 dollar AS (Rp 30 juta) untuk rambut asal India dengan panjang medium. Lalu, untuk panjang lebih dari sebahu, maka aku memasang 4.000 dollar AS (Rp 60 juta),” terangh Ferrara.

“Rambut yang sudah digunting akan memulai ‘perjalanan’ baru menuju kepala orang lain,” ungkapnya.

Seorang penata rambut asal New York, AS, Jay Ferrara, mengatakan bahwa rambut yang berasal dari India memiliki kualitas terbaik.

Tak ayal rambut ekstension dari India, kata Ferrara, harganya cenderung mahal di pasaran.

 

Sumber : NBC News

Foto: Internet

Komentar

Check Also

Berselancar Bersama Komunitas Inline Skate di Roof Top Nipah Mall

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Sejak tahun 90-an sepatu roda menjadi permainan yang menarik dan diminati anak-anak …

Share This
Mediawarta