Foto : Int

Di penghujung tahun 2016 akan ada tambahan 1 detik

MEDIAWARTA.COM – Bumi semakin hangat dan semua itu membuat tahun 2016 seolah lebih panjang dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Ternyata pernyataan itu benar, karena ada tambahan satu detik di pengujung tahun 2016. Penambahan waktu satu detik atau detik kabisat ini akan terjadi di pengujung tahun sehingga tahun baru harus melewati 11.59.60.

Penambahan satu detik ini ditambahkan untuk menebus bahwa rotasi bumi secara bertahap melambat dan memastikan jam tetap sinkron dengan lamanya sehari di Bumi.

Penambahan detik ini umumnya memang dilakukan baik di tengah tahun atau akhir tahun sebab teknologi yang dimiliki saat ini belum memungkinkan untuk bisa menambahkan slot detik tambahan di waktu lain.

Bumi berputar dan secara bertahap Bumi mengalami perlambatan gerakan sebagai dampak tarik pasang surut bulan terhadap Bumi. Selain itu, pengaruh geologis seperti gempa bumi yang kuat dan pencairan es juga mempengaruhi pergerakan bumi sehingga lebih lambat.

Komentar

Check Also

Dukung Pembelajaran Jarak Jauh, Operator Seluler Tanda Tangani
Kerja Sama dengan Kemendikbud

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA – Operator telekomunikasi seluler yang tergabung dalam Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) …

Share This
Mediawarta