Telkomsel siaga natal & tahun baru 2017

MEDIAWARTA.COM , MAKASSAR – Telkomsel melakukan sejumlah peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan di seluruh Indonesia dalam menyambut momen Natal dan Tahun Baru (NARU) 2017. Tidak kurang sebanyak 723 BTS baru disiapkan secara khusus untuk momen NARU, agar masyarakat dapat terus menikmati layanan telekomunikasi berkualitas di masa-masa dimana trafik telekomunikasi tercatat mengalami lonjakan cukup tinggi tiap tahunnya, khususnya layanan data.

Vice President Sales & Marketing Area Pamasuka Herry Setiawan  mengatakan, ‘Natal dan Tahun baru merupakan periode dimana kebutuhan komunikasi pelanggan meningkat, khususnya dalam penggunaan layanan data. Untuk itu setiap tahunnya kami selalu mengantisipasi hal tersebut melalui serangkaian aktivitas optimasi jaringan, agar kualitas layanan yang kami tawarkan tetap terjaga dan prima sekalipun terjadi lonjakan trafik komunikasi. Tentunya hal ini akan diharapkan dapat terus menjaga pengalaman terbaik ketika menggunakan layanan data Telkomsel.”

Pada puncak periode NARU kali ini, Telkomsel memprediksi layanan data akan mencapai trafik tertinggi hingga 4.10 PB (Petabyte) atau naik lebih dari 118% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini seiring dengan semakin meningkatnya penggunaan layanan data oleh pelanggan untuk Video & Music Streaming, Games Online, Social Media, Chatting, dan penggunaan berbagai aplikasi. Sementara itu, layanan suara diperkirakan menjadi 1.52 Milyar menit dan SMS diperkirakan menjadi 892 juta SMS/hari.

Mengantisipasi hal tersebut, Telkomsel melakukan sejumlah aktivitas, terutama untuk layanan data, seperti peningkatan kapasitas untuk Internet Service yang ditingkatkan menjadi 837 Gbps atau naik sekitar 78% dari tahun 2015. Dalam hal kemampuan penanganan pelanggan VLR (Visitor Location Register) ditingkatkan sebesar 241 juta pelanggan (naik 0.8% dari tahun 2015). Kapasitas HLR (Home Location Register) ditingkatkan sebesar 313 juta pelanggan. Sementara kapasitas OCS (Online Charging System) sebesar 177 juta diharapkan akan memberikan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses layanan data. Selain itu sebanyak 124.000 BTS Telkomsel yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara, dipastikan berfungsi dengan baik untuk melayani pelanggan dimana pun mereka berada.

“Telah tergelarnya jaringan Telkomsel 4G LTE di lebih dari 180 kota di seluruh Indonesia, khususnya di lokasi-lokasi strategis, yang didukung oleh sekitar 5.200 BTS 4G kami harapkan juga dapat memberikan pelanggan pengalaman mobile broadband terbaik dari Telkomsel”, tambah Herry.

Bahkan lebih dari itu, menyambut NARU tahun ini, Telkomsel juga telah mengimplementasikan teknologi 4.5G di sembilan kota di Indonesia dimana kini pelanggan dapat merasakan pengalaman menggunakan layanan mobile broadband dengan teknologi terkini di 11 GraPARI yang ada di Medan, Jakarta, Bandung, Denpasar, Mataram, Pontianak, Makassar, Manado, dan Ambon.

Pada periode NARU kali ini, Telkomsel telah melakukan identifikasi terhadap 687 titik keramaian utama yang diprediksi akan dipadati oleh pelanggan di masa NARU, seperti Bandara, Stasiun, Terminal, Pelabuhan, Tempat Wisata, Mal, dan Pusat Perbelanjaan, serta Rumah Ibadah. Di lokasi-lokasi tersebut diprediksi akan terjadi rata-rata peningkatan trafik layanan data sebesar 47% bila dibandingkan dengan trafik di hari normal di tahun 2016.

Di lokasi-lokasi strategis yang memerlukan peningkatan kapasitas dan kualitas, Telkomsel juga mengerahkan 91 Compact Mobile BTS (COMBAT) untuk menjaga agar jaringan tetap prima selama periode NARU. Dari sisi layanan Telkomsel menyiagakan 487 Armada Mobile GraPARI, menjamin ketersediaan produk melalui 2.668 modern channel siaga dan 3.779 outlet siaga, serta didukung pula oleh 85 GraPARI Siaga dan Call Centre  yang siap melayani tanpa kenal hari libur.

Di sisi lain, untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan pelanggan dalam melakukan pembelian pulsa, saat ini pelanggan dapat melakukan transaksi pembelian di berapa online channel yang bekerjasama dengan Tlekomsel, diantaranya Belanja.com, Tokopedia, Kaskus, AlfaOnline, Gojek, Grab, dan Lazada.

Untuk memastikan kesiapan jaringannya, Telkomsel juga telah melakukan uji jaringan di beberapa area maupun jalur utama yang diprediksi menjadi pusat keramaian, seperti tempat wisata dan pusat perbelanjaan. Focus uji jaringan dilakukan ke layanan data, yang saat ini penggunaannya terus mengalami peningkatan dari tahun dan ke tahun.

Telkomsel Area Pamasuka On Air kan 250 BTS Baru, Upgrade 120 BTS, Siagakan 24 BTS COMBAT, 168 Mobile Grapari, 86 Mobile Toko, 238 Motor Recharge, serta 178 Posko Siaga untuk mengamankan Lonjakan Trafik komunikasi Menjelang Natal dan Tahun Baru.

Persiapan Naru di Telkomsel Area Pamasuka untuk mengawal lonjakan trafik komunikasi telah melakukan sejumlah aktivitas, seperti melakukan penambahan 250 BTS baru yang tersebar di Regional Regional Area Pamasuka (Kalimantan, Sulawesi dan Papua Maluku). Telkomsel Area Pamasuka juga melakukan upgrade kapasitas lebih dari 120 BTS. Tidak hanya itu, Telkomsel Area Pamasuka juga mensiagakan 24 BTS COMBAT untuk mengantisipasi lonjakan trafik data.

Untuk memastikan ketersediaan produk dan layanan Telkomsel menyambut Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, Telkomsel Area Pamasuka telah mengidentifikasi 178 titik keramaian POI ( ) utama dimana di titik tersebut dihadirkan Layanan Posko Siaga NARU yang tersebar di Kalimantan sebanyak 53 posko, 76 posko di Sulawesi, dan 49 posko di PUMA. Pemilihan penempatan Posko Siaga dilihat dari banyaknya masyarakat yang melalui/mengunjungi tempat tersebut seperti, bandara, terminal, tempat wisata, pelabuhan, titik keramaian, dan mall. Di Posko Siaga NARU selain mendapatkan kebutuhan produk seperti perdana, pulsa VAS Digital Content, HP Bundling, penukaran kartu 4G, promo gimmick, akan dihadirkan pula layanan digitial seperti TCash, #JajanOnline, HOOQ, dan Langit Musik serta interaktif games.

Disamping itu juga, Telkomsel Area Pamasuka juga akan mengerahkan 168 Mobile GraPARI (MOGI), 86 Mobile Toko (MOKO), dan 238 Motor Recharge (MORE). Khusus untuk di Sulawesi, Telkomsel Regional Sulawesi mempersiapkan 77 Mobile GraPARI (MOGI), 30 Mobile Toko (MOKO), dan 69 Motor Recharge (MORE) untuk memaksimalkan layanan produk kepada pelanggan di titik-titik strategis lainnya.

Komentar

Check Also

Akademisi: Debat Pertama Tuntas, DILAN Pilihan Paling Pas

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA – Empat pasangan calon (paslon) telah memaparkan visi misi dan program pada acara …

Share This
Mediawarta