Wajah baru dan semangat baru semen Bosowa

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – PT Semen Bosowa Maros yang memproduksi Semen Bosowa kini berubah nama menjadi Bosowa Semen. Semen yang beroperasi sejak 16 April 1999 ini juga mengubah tampilan kantong semen menjadi lebih berwarna. Dengan sentuhan warna coklat, merah dan biru. Desain kantong semennya juga berubah menjadi lebih sederhana dan lebih menegaskan logo Bosowa ditengah kantong.

Deputy CEO Bosowa Semen, Rachmat Kaimuddin mengatakan perubahan brand ini demi memenuhi janji manajemen untuk memuaskan konsumen setia Bosowa Semen. Apalagi Bosowa bukan pemain baru di industri semen. Tujuan perubahan nama produk ini sendiri lebih kepada memperjelas janji janji pada konsumen untuk tetap memilih Bosowa Semen. Agar konsumen tenang memakai semen ini tanpa was was akan kualitas dan harga.

Tujuan rebranding ini adalah membantu masyarakat yang membangun untuk bisa tenang memakai Bosowa Semen. Dengan memberikan servis yang baik dan harga wajar.

Rachmat menambahkan, tujuan lain dari rebranding ini adalah wujud dari memikirkan konsumen, menjamin kualitas dan berpikir sebagai pelanggan. Ditengah banyaknya pilihan akan semen, fungsional benefit dari Bosowa Semen sendiri adalah menawarkan harga bagus dan kualitas baik. Sebab akan cocok harga dan kualitas. Beli Bosowa konsumen akan tenang dan merasa lengkap.  Sebab Bosowa bukan brand premium tapi tidak murahan, brand yang pas, dan brand optimum.

“Sebab harga kami tetap harga yang lama, ditambah kualitas yang makin baik. Pelayanannya pun kami ada di setiap toko, stok semen kami tak pernah kosong. Sehingga jika pakai Bosowa Semen, Anda tak perlu memikirkan harga yang terlalu tinggi atau kualitas yang murahan. Kami ada ditengah tengah, makanya kami memastikan jika tak akan was was memilih produk kami. Kami memberikan peace of mind ketika Anda pilih kami,” ujarnya, Rabu (7/12/2016) di pabrik Bosowa Semen, desa Baruga kecamatan Bantimurung kabupaten Maros.

Apalagi grup semen baru saja meningkatkan kapasitas produksi secara signifikan. Bosowa punya pasar yang besar dan jaringan distribusi di seluruh Indonesia. Masyarakat telah mengenal bahwa Bosowa adalah perusahaan terkemuka di Indonesia Timur.

Peluncuran tersebut resmi dilakukan Founder Bosowa Coorporation, H M Aksa Mahmud di pabrik Bosowa Semen, desa Baruga kecamatan Bantimurung, Maros. Turut hadir CEO Bosowa Semen, Sadikin Aksa, Direktur Marketing H Sumirlan, serta jajaran direksi Bosowa Semen dan Bosowa Grup.

Rebranding ini pada hakikatnya adalah cara suatu perusahaan mengkomunikasikan janjinya dengan konsumen. Sedangkan komunikasi yang efektif itu butuh tiga hal, clarity, consistency dan commitment. Harus jelas, harus konsisten, dan harus komit.

Unsur clarity untuk menjelaskan apa yang dijanjikan Bosowa Semen. Bahwa dengan menggunakan produk Bosowa berarti menggunakan produk yang berkualitas tinggi. Bahwa konsumen akan mendapatkan pelayanan yang baik dari pabrikan dan distributor. Serta produk ini dapat dibeli dengan harga yang wajar, harga value for your money. Karena kualitas produk Bosowa Semen telah berada di atas standar nasional Indonesia bahkan standar internasional serta siap export.

“Hari ini kami meluncurkan produk kami dalam kemasan yang baru yang lebih fresh dan modern. Sebenarnya desain kantong ini sudah lama kami punya. Alhamdulillah hari ini kami dapat meluncurkannya, karena hari ini kami yakin bahwa didalam kantong ini adalah produk yang dapat merepresentasikan janji kami tadi.  Kami muncul dengan wajah baru dan semangat baru,” ujar Rachmat.

Untuk memberikan pelayanan yang baik, pihaknya harus mempermudah komunikasi dengan konsumen.  Pihaknya pun memperbaharui beberapa hal, termasuk website resmi perusahaan dimana informasi terbaru mengenai Bosowa Semen. Serta meluncurkan kembali Call Center yang lebih memorable. (*)

Menurut Rachmat, harga adalah suatu hal yang sangat transparan. Konsumen sudah tahu harga Bosowa itu bagus. Agar konsumen tetap dapat membeli Bosowa dengan harga yang wajar dan value for money, pihaknya terus berusaha untuk melakukan berbagai efisiensi dan perbaikan-perbaikan proses perencanaan, pengadaan, manufaktur, dan distribusi. “Tentunya hal itu kami lakukan tanpa mengurangi komitmen terhadap kualitas dan pelayanan,” ujarnya.
Kami menyadari satu hal: Bahwa sebenarnya konsumen itu tidak butuh semen. Apa yang mereka butuhkan? Manusia Butuh beraktivitas. butuh berpindah tempat. Butuh perlindungan dan tempat bernaung.

Untuk beraktivitas, mereka membangun gedung yang berdiri tegak. Untuk berpindah tempat, mereka membangun jalan, jembatan dan landasan yang keras. Untuk melindungi diri mereka dan orang2 yang mereka cintai, mereka membangun rumah yang kuat. Semen merupakan alat untuk mencapai itu semua.

Tentunya, kebutuhan mendasar manusia adalah rasa aman. Rasa tenang. Peace of Mind. Bahwa apa yang mereka bangun itu sesuai dengan kebutuhan mereka dan dapat diandalkan. Dan mereka bisa membuatnya sesuai dengan sumber daya mereka, baik itu uang, tenaga dan waktu.

Kebutuhan akan rasa aman itu lah yang ingin kami penuhi. Kalau mau membangun sesuatu, pakai apa yang paling cocok? Nanti kurang bagus? Nanti pelayanannya kurang? Nanti mahal? Bosowa Semen harus bisa menghilangkan kekhawatiran itu.

Kami sadar tidak semua konsumen ingin menggunakan produk Bosowa Semen.

Jika konsumen menginginkan semen yang merek nya lebih premium atau merek luar negeri, mungkin ada pilihan lain. Jika konsumen menginginkan semen yang dijual dengan harga diskonan, mungkin ada produsen lain  bisa menyediakan.
Konsumen kami adalah konsumen yang menginginkan rasa aman dan tenang. Yang menginginkan produk kualitas tinggi , pelayanan yang baik dan harga yang wajar. Hari ini, Komitmen kami di depan hadirin semua, adalah kami akan memberikan itu semua. Percayakan Pada Bosowa.

Grup Bosowa Semen sendiri merupakan salah satu unit usaha terdepan yang dimiliki Bosowa. Grup ini melakukan aktifitas usaha terpadu, mulai dari proses penggunaan bahan baku, produksi semen, hingga pengiriman ready mix kepada para pelanggan. Standar mutu dari produk yang dihasilkan juga sudah sesuai dengan ISO 9001 dan 14001.

Grup Semen saat ini terbagi dalam tiga perusahaan yang masing-masing mengelola bisnis semen secara full integrated dan semi integrated.
Adapun dua perusahaan itu adalah PT Semen Bosowa Maros, perusahaan yang mengelola bisnis semen secara full integrated yang terletak di Maros, dengan kapasitas produksi sebesar dua juta ton klinker semen per tahun dan 2,4 juta ton semen per tahun dengan total 4,2 juta ton per tahun. Line 2 memproduksi 1,8 juta ton per tahun.
Pabrik semen ini dibangun di atas lahan seluas 147 hektar serta dilengkapi dengan akses jalan masuk yang mendukung. PT Semen Bosowa Indonesia, perusahaan yang mengelola bisnis semen secara semi integrated (grinding) yang terletak di Batam, Kepulauan Riau. Kapasitas produksi sebesar 1,2 juta ton per tahun. Serta di Banyuwangi berupa packing plant yang memproduksi 2 juta ton per tahun. (*)

 

Komentar

Check Also

Nikmati Promo Buy 1 Get 1 Free ala Gastros MaRI dan Nipah Mall

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Memanjakan lidah setiap pengunjung setianya melalui berbagai pilihan sajian menu makanan yang …

Share This
Mediawarta