XL hadirkan layanan 4G-LTE di Makassar

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR-Pelanggan PT XL Axiata Tbk (XL) di Makassar kini telah bisa mengambil manfaat dari layanan internet cepat 4G LTE (long term evolution). Sejak November 2016 lalu, layanan internet cepat ini telah sampai di Ibu Kota Sulawesi Selatan dan akan menyusul kemudian kota-kota lainnya di provinsi ini dan kota-kota lain di Sulawesi. XL sangat berharap layanan internet cepat ini akan mampu ikut mendukung percepatan pembangunan di berbagai bidang di Sulawesi Selatan, termasuk juga bisa mendorong produktifitas ekonomi masyarakat setempat di era digital saat ini. Apalagi, Kota Makassar dan sekitarnya memiliki potensi ekonomi yang besar. Presiden Direktur/CEO XL, Dian Siswarini, VP LTE XL, Rahmadi Mulyohartono, Head of XL North Region, Handono Warih, Asisten IV Bidang Administrasi Setda Provinsi Sulawesi Selatan, DR. H. Ruslan Abu, SH., MH meresmikan layanan 4G dari XL di Makassar, Jumat (2/11).

Presiden Direktur/CEO XL, Dian Siswarini mengatakan, “Layanan 4G LTE dari XL kini hadir Makassar, kota terbesar di Sulawesi, sekaligus pintu gerbang ke Kawasan Timur Indonesia. Karena itu kami berusaha keras agar Makasar bisa mendapatkan layanan 4G tahun ini. Setelah Makassar dan sebelumnya Manado, semoga tahun depan menyusul beberapa kota lagi di Sulawesi. Kami berharap, pembangunan jaringan 4G ke depan bisa mengiringi gencarnya pembangunan berbagai proyek infrastruktur oleh pemerintah dalam mendorong perekonomian daerah. Kami yakin, keberadaan layanan internet cepat hingga ke pelosok daerah akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan aktifitas ekonomi masyarakat.”

Dian menambahkan, sejak mulai mengimplementasikan layanan 4G LTE, XL langsung memutuskan untuk lebih mengutamakan sisi kualitas. Karena itu tanpa mengabaikan perluasan wilayah layanan 4G, XL juga terus berusaha menghadirkan layanan internet 4G LTE yang memberikan kecepatan dan kenyamanan bagi penggunanya. XL telah menerapkan sejumlah teknologi terbaru yang bisa memaksimalkan kualitas 4G. Untuk tahun 2017, XL akan mengalokasikan capex sebesar Rp 7 triliun, dengan fokus untuk pengembangan 3G dan 4G. Untuk semua wilayah 4G LTE ini, XL akan terus  mempersiapkan kualitas jaringan secara khusus, termasuk juga ekosistem dan program layanan yang semakin mempermudah pelanggan dan masyarakat untuk bisa segera memanfaatkan layanan 4G.

Layanan 4G LTE di Makassar dan sekitarnya ditopang oleh lebih dari 169 BTS 4G. Area-area yang terjangkau layanan 4G pada tahap awal ini antara lain dalah Biringkanaya, Bontoala, Makassar, Mamajang, Manggala, Mariso, Panakkukang, Rappocini, Tallo, Tamalanrea, Tamalate, Ujung Pandang, Ujung Tanah, Wajo, Gowa, dan Mandai Maros. Pada area-area tersebut terdapat pusat pemerintahan provinsi dan daerah, pusat bisnis lokal, sentra industri, beberapa lembaga pendidikan, pemukiman warga, Bandar Udara International Sultan Hasanuddin, Kantor Gubernur, Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo, Mall Panakkukang, Mall Ratu Indah, dan MTC Karebosi, serta publik lainnya. Layanan internet cepat 4G akan membantu peningkatan kinerja dan produktivitas masyarakat di kota tersebut.

Saat ini pelanggan XL di Makassar dan sekitarnya hampir mencapai 500 ribu pelanggan, dengan sekitar 28% di antaranya telah menggunakan layanan 4G. Dalam rangka mengenalkan keberadaan layanan 4G LTE di Makassar, XL telah meluncurkan bus 4G LTE, bekerjasama dengan BRT Mamminasata dari Perum Damri. Bus 4G LTE dari XL ini  merupakan bentuk dukungan penuh dari XL terhadap kemajuan transportasi publik di Makassar. XL menyediakan fasilitas internet gratis bagi masyarakat yang menggunakan bus ini. Bus 4G LTE dari XL ini melewati rute Mal GTC – Trans Studio – Jalan Metro Tanjung Bunga – Jalan Penghibur – Jl Pasar Ikan – Jalan Ujung Pandang – Jalan Ahmad Yani – Jalan Bulusaraung – Jalan Masjid Raya – Jalan Urip Sumoharjo – Jalan AP Pettarani – Jalan Boulevard – Mall Panakkukang. Untuk tahap awal, ada dua bus yang mendapat layanan internet gratis dari XL dari akan terus bertambah di tahun depan.

Serangkaian kegiatan telah disiapkan dalam rangka peresmian layanan 4G di Makassar ini. Selain meluncurkan bus 4G, XL juga menyelenggarakan seminar dengan tema “The Power of Digital Innovation & Entrepreneurship”di Universitas Hasanuddin, Makassar, dengan pembicara sejumlah praktisi dunia digital. Lalu, pada awal Januari 2017 akan diadakan Pesta Digital Rakyat dengan beragam hiburan dan hadiah.

Makassar dan Sulawesi Selatan pada umumnya memiliki potensi ekonomi yang cukup tinggi dari sektor pariwisata, perdagangan dan pemerintahan. Implementasi layanan digital akan bisa meningkatkan promosi pariwisata, daya saing produk olahan masyarakat lokal, terutama melalui perluasan jangkauan pemasaran secara online, serta peningkatan kualitas materi promosi. Teknologi digital juga bisa diterapkan secara efektif oleh para pengambil kebijakan di tingkat lokal untuk mengenalkan sekaligus meningkatkan daya saing potensi daerah di pasar nasional maupun internasional.

Kini dengan hadirnya layanan 4G di Makassar, berarti pula pelanggan dan masyarakat luas di kota ini bisa memanfaatkan layanan mobile broadband “XL Go” yang berbasis pada jaringan 4G LTE. Pelanggan dan masyarakat Makassar bisa semakin mudah mengakses layanan 4G menggunakan perangkat MiFi atau router. Dengan perangkat ini, akses ke internet 4G bisa dibagikan ke 10-32 perangkat smartphone atau laptop secara bersamaan.

Mendukung penetrasi dan melayani kebutuhan jaringan 4G, paket Combo Xtra hadir untuk memberikan pengalaman Xtra kepada pelanggan melalui beragam denominasi. 12GB + 50 menit ke semua operator di harga 59 ribu, 19 GB + 75 menit ke semua operator 89 ribu, 26 GB + 100 menit ke semua operator 129 ribu, dan beberapa paket yang lain. Pilihan paket ini dapat diakses melalui menu UMB *123*2*1# atau langsung ke toko pulsa terdekat.

Secara nasional, layanan 4G LTE dari XL telah melayani pelanggan XL di 89 kota di Indonesia. Sejak awal peluncuran layanan XL 4G LTE, jumlah pelanggan 4G telah mencapai lebih dari 10,5 juta pelanggan. Implementasi 4G LTE akan dilakukan secara bertahap dengan memperhatikan beberapa aspek kebutuhan masyarakat serta tingkat kesiapan ekosistemnya. Minat pelanggan untuk beralih ke layanan 4G terus meningkat seiring dengan semakin bertambahnya kesadaran pelanggan dan masyarakat untuk mendapatkan manfaat dari layanan 4G yang menghadirkan kecepatan dan kestabilan akses internet yang lebih baik. Dari total lebih dari 81.000 BTS yang dimiliki XL, sebanyak lebih dari 7.000 BTS di antaranya merupakan BTS 4G.

XL 4G LTE telah dapat dinikmati antara lain di Jakarta, Bogor, Bekasi, Tangerang, Tangerang Selatan, Depok, Serang, Cilegon, Bandung, Bandung Barat, Cimahi, Cianjur, Indramayu, Subang, Cirebon, Purwakarta, Sumedang, Banjar, Yogyakarta, Bantul, Sleman, Gunung Kidul, Kulon Progo, Tegal, Pekalongan, Batang, Brebes, Semarang, Salatiga, Magelang, Solo, Purwokerto, Surabaya, Sidoarjo, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Madiun, Ponorogo, Pacitan, Malang dan Batu. Dan wilayah diluar Jawa, layanan XL 4G LTE telah ada di Batam, Medan, Deli Serdang, Pekanbaru, Palembang, Banyuasin, Belitung, Denpasar, Mataram, Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Utara, Lombok Tengah, Banjarmasin, Banjarbaru, Manado, dan Makassar.

Komentar

Check Also

Terkait Temuan Obat Covid-19 JK : Yang Menentukan Layak Edar BPOM

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Ketua Umun Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) meminta agar semua …

Share This
Mediawarta