Ingin kulit wajah bebas jerawat lakukan 7 hal ini

Foto : Int

MEDIAWARTA.COM – Banyak orang bermasalah pada kulit wajahnya terutama masalah jerawat. Pengaruh polusi udara dan debu, makanan yang dikonsumsi serta hormon pada tubuh menjadi faktor penyebab timbulnya jerawat.

Ada 7 hal penting yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang bebas dari masalah jerawat.

1. Lakukan proses pengelupasan kulit wajah

Eksfoliasi adalah bagian yang penting dari proses perawatan kulit, terutama jika kulit wajah Anda berjerawat. Selain rutin membersihkan wajah setiap malam, penting juga melakukan eksfoliasi kulit wajah secara rutin misalnya dengan menggunakan scrub atau facial wajah. Sebaiknya gunakan bahan-bahan alami yang mengandung asam glikolat, AHA & BHA serta enzim seperti labu, pepaya dan nanas. Lakukan perawatan eksfoliasi kulit wajah selama 3 hari berturut-turut dan istirahat di 3 hari berikutnya.

4. Merawat kulit wajah dari dalam

Tak hanya merawat kulit wajah dari luar saja, tapi Anda juga harus merawatnya dari dalam. Hindari makanan yang mengandung banyak lemak seperti susu dan santan. Konsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin seperti sayur-sayuran, jus dan buah-buahan. Selain itu, rajinlah minum air putih setiap hari agar kulit tetap lembap dan terhidrasi secara alami.

5. Jangan lupa menghapus sisa makeup

Sesibuk-sibuknya Anda bekerja seharian di luar rumah jangan lupa untuk tetap membersihkan wajah dari sisa-sisa makeup untuk mencegah timbulnya jerawat. Selain itu, hindari menggunakan makeup saat berolahraga, ya. Karena berolahraga sambil menggunakan makeup dapat memperburuk kondisi kulit Anda yang berjerawat. Jadi, sebaiknya rajinlah membersihkan wajah Anda untuk mencegah pori-pori tersumbat.

6. Cukup tidur setiap malam

Sebuah penelitian di Jepang menemukan bahwa stres dan kurang tidur adalah faktor penyebab timbulnya jerawat. Jadi, sebaiknya hindari begadang setiap hari dan tidurlah dengan waktu cukup selama 8 jam setiap malam. Hal ini juga untuk membantu regenerasi kulit dan membuatnya tampak lebih sehat.

7. Jangan hanya mencuci wajah

Tidak hanya wajah saja yang perlu Anda perhatikan, namun hal-hal kecil lain seperti handuk, bantal dan seprai Anda pun harus tetap dijaga kebersihannya. Pastikan Anda selalu mengganti handuk, bantal dan seprai Anda setiap minggu untuk menghindari menempelnya kuman penyebab jerawat pada barang-barang tersebut.

Sumber : liputan6.com

Comment