Nougat OS Android tercanggih saat ini

MEDIAWARTA.COM – Hampir semua orang yang menggunakan handpone telah menggunakan Android. Mulai dari system operasi yang lama hingga yang terbaru tergantung dukungan perangkat yang dimiliki. Setiap smartphone pastinya memiliki sistem operasi yang kita ketahui hampir rata-rata versinya adalah “Jelly Bean”,“KitKat” atau bahkan versi yang paling baru adalah “Marshmallow”. Namun di zaman yang sudah canggih akan teknologi ini, sudah ada lagi versi terbaru dari sistem operasi pada android, yaitu “Nougat”.

Tepat pada hari Selasa tanggal 28 Agustus tahun 2016, versi Android dengan nama “Nougat 7.0” ini sudah mulai didistribusikan oleh Google. Namun sayangnya sistem operasi ini baru bisa diterapkan di beberapa smartphone, yaitu smartphone Android One dan Nexus dengan tipe terbarunya. Hal tersebut diwajarkan karena kedua jenis smartphone tersebut dibuat oleh Google yang notabene merilis Nougat itu sendiri.

Sebenarnya apa saja kelebihan dan fitur – fitur yang ditawarkan Nougat ini? Apa yang membuat Nougat berbeda dengan versi sebelumnya yang paling baru yaitu android Marshmallow? Kita ulas semua hal tentang android Nougat 7.0 dibawah ini.

Fitur duo multi

Yang dimaksud duo multi disini adalah dua fitur multi pada android Nougat yaitu multitasking dan multi window. Untuk fitur multitasking itu sendiri, pada umumnya memang sudah ada di versi android yang sebelumnya. Namun pada versi Nougat, anda dapat menikmati fitur multitasking yang lebih canggih dari versi sebelumnya. Sehingga lebih ampuh bagi anda yang suka membuka lebih dari satu aplikasi di smartphone android.

Multiwindow

Untuk fitur multi window, android Nougat membawa tampilan yang lebih menarik dari versi android Marshmallow. Fitur ini memungkinkan anda untuk menjalankan dua pekerjaan berbeda dengan layar yang sama. Misalkan pada layar yang terletak di atas anda sedang memutar video, maka pada layar yang terletak di bawah anda dapat membuka browser atau bahkan aplikasi lainnya seperti aplikasi sosial media dan lain – lainnya. Fitur ini bisa dijalankan di layar dengan kondisi potrait maupun landscape.

Partial Screenshot

Inilah salah satu fitur terbaru dari versi android Nougat. Fitur partial screenshot dapat membantu anda untuk mengambil beberapa gambar yang anda inginkan secara langsung dari keseluruhan tampilan pada layar yang sudah di screenshot. Sehingga sebelum gambar hasil screenshot disimpan, anda bisa memilih zona gambar mana yang ingin diambil dengan cara memotong (crop) dari tampilan layar yang sudah di screenshot. Gambar yang anda potong dari hasil screenshot tersebut pun juga bisa diputar dan bahkan bisa dibagikan atau dikirim langsung lewat bluetooth, gmail, sosial media dan aplikasi lainnya.

Bundled Notification

Sesuai dengan namanya, fitur ini dapat membantu anda untuk membundel beberapa notifikasi atau pemberitahuan di dalam suatu aplikasi. Misalkan anda sedang menerima beberapa pesan yang ada di kotak masuk dari email, disamping itu anda juga menerima beberapa notifikasi yang masuk dari media sosial anda, maka pesan dan notifikasi yang masuk tersebut akan otomatis ditampilkan dalam bentuk bundle. Meskipun dalam bentuk bundle, anda juga bisa melihat detail dari pesan dan notifikasi yang masuk dengan cara melakukan tap yang lama sambil menggeser kebawah pesan atau notifikasi yang ditampilkan dalam bentuk bundle tadi.

Doze Mode

Sebenarnya fitur ini sudah ada pada android Marshmallow. Namun di android Nougat ini, fitur doze mode mengalami beberapa peningkatan dari versi android Marshmallow. Saat fitur ini diaktifkan, akses internet yang terhubung pada smartphone anda akan terputus secara otomatis. Dengan adanya fitur ini, anda dapat memperkuat daya baterai pada smartphone. Karena fitur ini akan membuat smartphone anda untuk tidak mengkonsumsi banyak daya saat kondisinya sedang tidak terpakai. Saat smartphone sedang dilakukan proses pengisian daya atau charging, fitur doze mode ini akan nonaktif dengan sendirinya (otomatis).

Proyek Svelte

Fitur ini bisa dibilang salah satu fitur tercanggih pada android Nougat. Bagaimana tidak, fitur ini dapat membuat pemrosesan data pada aplikasi yang sedang berjalan menjadi lebih ringan, sehingga kinerja RAM pun menjadi lebih maksimal. Selain itu, proyek svelte juga dapat membuat baterai lebih irit hingga 300%. Sehingga baterai smartphone anda akan mengalami peningkatan dari segi efisiensi daya.

Quick Setting

Pada android Nougat, anda akan dipuasi dengan desain tampilan interface (antarmuka) yang lebih menarik dari versi android Marshmallow. Fitur ini dapat membantu anda untuk mendesain format notifikasi atau pemberitahuan yang masuk di smartphone sesuai urutannya maupun yang anda inginkan. Fitur quick setting memiliki konten yang dinamakan “menu hamburger” (dengan ikon tiga baris). Misalkan anda sedang berada di dalam menu Wi – Fi, maka anda bisa pindah ke pilihan sistem yang lainnya seperti media Bluetooth dengan menggunakan “menu hamburger” ini. Sehingga anda tidak perlu kembali ke tampilan utama layaknya pada versi Marhsmallow.

Proyek Google Dream

Proyek ini juga bisa dijalankan pada android Nougat. Sehingga anda bisa menikmati fitur pengembangan teknologi berbasis Virtual Reality (VR), yang dimana anda harus bermodalkan perangkat seperti Oculus Rift. Teknologi tersebut dapat membawa anda seakan akan ke dalam kondisi yang real atau nyata.

Dibalik beberapa kelebihan Android Nougat ini, terdapat juga kekurangannya yaitu dibagian harga smartphone yang cukup mahal. Karena hanya ada beberapa smartphone android yang mendukung untuk menjalankan sistem operasi tersebut dengan baik. Sehingga dengan kata lain, jika anda ingin menikmati fitur – fitur pada android Nougat ini secara maksimal, anda harus membeli smartphone android yang baru. Namun anda juga bisa meng – upgrade smartphone anda asalkan spesifikasinya mendukung untuk menjalankan versi android Nougat ini.

Setelah munculnya android Nougat dengan tipe 7.0, pada tanggal 30 Januari 2016 Google kembali merilis android Nougat dengan tipe 7.1.2. Perilisan ini difokuskan untuk melakukan pemeliharaan tambahan dan perbaikan pada sejumlah bug. Namun untuk versi ini sifatnya masih beta. Sehingga anda bisa mengembangkan dan meminta Google untuk memperbarui sistem operasi ini ke versi yang lebih baik, dengan cara register atau sign in dengan akun Google anda di situs Android Beta Program yaitu android.com/beta.

Sebagai pengguna teknologi, tentu saja pastinya kita tidak akan sabar untuk meng – upgrade smartphone kita. Apalagi dengan adanya fitur – fitur baru yang selalu update dari segi peningkatan hardware, software dan sejenisnya. Akan tetapi hampir dari upgrade yang kita lakukan, terkadang justru malah menimbulkan error maupun bug yang dapat menyebabkan smartphone kita menjadi hang, lemot dan masalah – masalah yang lainnya.

Ada hal yang perlu anda ketahui sebelum melakukan upgrade ke android Nougat. Layar menjadi salah satu komponen yang perlu anda perhatikan. Terutama dengan adanya fitur Multi window pada versi Nougat ini. Fitur ini memungkinkan anda untuk membagi layar pada smartphone menjadi dua bagian. Namun fitur ini sangat optimal bila diterapkan di perangkat yang memiliki layar lebih lebar seperti tablet dan aplikasi – aplikasi yang sudah mendukung fitur multi window. Sebaiknya anda melakukan upgrade jika seluruh aplikasi maupun layar pada smartphone anda sudah mendukung fitur multi window ini. Namun jika aplikasi dan layar belum mendukung fitur ini, jangan dipaksakan untuk meng – upgrade ke versi Nougat. Karena justru malah akan membuat smartphone anda mengalami kerusakan pada sistemnya. Apalagi dengan layar yang kecil, justru akan mempersulit kita untuk melihat tampilan pada smartphone.

Namun jika anda lebih nyaman dengan versi sistem operasi sesuai smartphone yang anda miliki sekarang, lebih baik anda bersabar untuk menunggu versi yang lebih baik. Karena seiring berkembangnya teknologi, versi terbaru akan hadir dan pastinya akan memberikan fitur yang terbaik. Namun jika memang anda seorang yang selalu mengikuti perkembangan teknologi, sekaligus memiliki beberapa aplikasi dan layar yang mendukung,  anda bisa meng – upgrade smartphone anda ke versi terbaru di era ini, versi android Nougat.

 

Sumber: selular.id (Reno Adhi Perwira, Mahasiswa S1 Teknik Informatika  Universitas Trilogi Jakarta)

Foto: Internet

Komentar

Check Also

Dukung Pembelajaran Jarak Jauh, Operator Seluler Tanda Tangani
Kerja Sama dengan Kemendikbud

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA – Operator telekomunikasi seluler yang tergabung dalam Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) …

Share This
Mediawarta