Pelindo IV Investasi Rp1,403 Miliar di Luwuk

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menanam investasi sebesar Rp1,403 miliar dalam bentuk 1 unit Pilot Station dan 2 unit Pilot House di Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

GM Pelindo IV Cabang Pantoloan Adi Sutrisno mengatakan pilot station dan pilot house yang dibangun merupakan fasilitas sarana pemanduan kapal, kerja sama dengan PT Donggi Senoro (DS) LNG. Pilot station dalam bentuk kantor dan fasilitasnya dibangun dengan tipe 38,5. Sedangkan pilot house, yaitu berupa rumah tinggal pandu dibangun dengan tipe 44,5.

“Pembangunan tersebut bukti eksistensi Perseroan untuk melakukan optimalisasi pemanduan di wilayah kerja KUPP Luwuk,” kata Adi melalui pesan singkat WhatsApp.

Pada Sabtu, 18 Februari, Pelindo IV dan PT Donggi Senoro LNG sudah melakukan peresmian penggunaan dua fasilitas tersebut yang dihadiri Direktur SDM dan Umum Pelindo, Riman S. Duyo, Bupati Banggai Herwin Yatim, Wakil Bupati Banggai Mustar Labolo serta manajemen DS LNG di KUPP Luwuk, Banggai.

Adi berharap dengan investasi tersebut, Perseroan tidak hanya melakukan kerja sama untuk pelayanan pemanduan dengan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) PT Donggi Senoro LNG, tetapi juga dapat melakukan kerja sama dengan TUKS lainnya yang berada di wilayah perairan Luwuk.

“Termasuk juga melayani pemanduan di pelabuhan umum yang dikelola oleh KUPP dan Badan Usaha pelabuhan (BUP) swasta lainnya,” jelasnya.

Comment