Dubes Singapura tertarik Kerja Sama dengan Makassar

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Keinginan kuat Singapura menjalin kerja sama dengan kota Makassar bukan tanpa alasan. Alasan itu akhirnya diungkapkan Duta Besar (Dubes) Singapura untuk Indonesia Anil Kumar Nayar saat bertandang ke kediaman wali kota Makassar di Jl. Amirullah, Rabu (29/3/2017).

Anil Kumar mengatakan Makassar adalah kota yang sangat sukses sejak kepemimpinan wali kota Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto.

“Track record beliau sebagai wali kota sangat admireble (mengagumkan) bagi teman- teman di Singapura,” ucapnya.

Karenanya, pihak Singapura kata Dubes Anil Kumar sangat senang setelah Makassar resmi menandatangani MoU kerjasama dengan Singapura tahun lalu di Semarang.

Dari MoU itu akan ditindaklanjuti dalam bentuk kerja sama ke depan di berbagai bidang seperti E-Govermen, Perencanaan Kota, lampu penerangan kota, dan lainnya.

“So, banyak bidang- bidang, we can corperate and do more togerher (jadi banyak bidang- bidang bisa kita kerja sama dan lakukan secara bersama- sama pula),” kata Anil Kumar lagi.

Selain itu, sosok Danny bagi Dubes Anil Kumar cukup familiar di Singapura. Sehingga menurutnya, di bawah pemerintahan Danny Pomanto, pemerintah Makassar sudah banyak berkolaborasi dengan Singapura semisal pada Temasek Foundation, Singapore Coorperation Program, dan di Universitas.

“Jadi kunjungan kita juga kali ini guna sharing ide karena kami melihat di sini sudah banyak program dilakukan dengan sangat sukses. Selain itu, lebih melihat lagi apakah ada cara atau hal-hal lain dimana kita bisa lanjutkan kerja sama yang sudah ada,” terangnya.

Wali kota Danny Pomanto berharap dengan adanya kerja sama dengan Singapura ini bisa semakin menjadikan Makassar kota yang semakin terkemukan di Indonesia dan dunia.

“Ini adalah kelanjutan MoU kami dengan Singapura pada saat PM Singapura dan Presiden RI melakukan pertemuan tahunan,” ucapnya.

Menurut Danny, Singapura adalah salah satu kota terbaik di dunia. Bahkan kota berlambang Singa Laut ini selalu unggul dalam beberapa kategori tertentu.

“Kami banyak punya teman di sana. Kami dibantu teknologi fasilitas air minum, termasuk pelatihan lebih 200 pejabat Pemkot oleh Temasek kemarin,” kunci Danny.

Comment