The NextDev Academy 2017 mampu menginspirasia anak muda

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Di tahun 2017  Telkomsel kembali menggelar program The NextDev untuk mendorong terwujudnya ekosistem digital dan membangun masyarakat  melalui pemanfaatan teknologi secara produktif dengan 2 (dua) kegiatan utama yakni The NextDev Academy dan The NextDev Competition.

The NextDev Academy, sebuah ajang untuk mengasah dan mempertajam kualitas aplikasi yang diciptakan startup yang menjadi finalis The NextDev 2015 dan 2016. Dengan berpartisipasi dalam akademi yang berlangsung pada Juli hingga Oktober 2017 ini. Selama periode tersebut para peserta  The NextDev Academy memperoleh pengetahuan dan informasi yang komprehensif mengenai tech startup untuk meningkatkan kualitas aplikasi yang mereka ciptakan dan membangun bisnis dalam waktu dekat. Di samping itu, para peserta juga mempelajari berbagai keterampilan secara lebih mendalam untuk menghasilkan strategi perencanaan produk yang matang dan siap untuk dipasarkan.

Mereka dibimbing oleh beberapa mentor yang memiliki expertise di bidang desain, tren pasar, pitching, dan pendanaan. Para expert ini berasal dari beragam kategori industri, seperti fashion, transportasi, agrikultur, edukasi, usaha kecil menengah (UKM), pariwisata, dan waste management.

Untuk mengenalkan para finalis The NextDev Academy 2017 kepada masyarakat luas di seluruh Indonesia, Telkomsel menggelar acara roadshow Showcase The NextDev Academy di  5 kota di Indonesia dan salah satunya di kota Makassar yang akan di gelar selama 2 hari  pada tanggal 30 September  hingga 1 Oktober 2017  yang bertempat di Atrium Trans  Mall Makassar.

Dalam acara tersebut Telkomsel menghadirkan 10 finalis kompetisi The NextDev tahun 2015 dan 2016 yang terpilih sebagai 10 besar peserta The NextDev Academy berdasarkan beberapa parameter penilaian, yakni performansi secara kuantitatif, kematangan produk, validitas model bisnis, serta kehandalan komunikasi publik dan pemasaran. Kesepuluh startup itu adalah Eragano, Kostoom, Gandeng Tangan, Vestifarm, Jejakku, The Denim Club, Habibi Garden, Juru Parkir, Kredibel, dan Angkuts.

Pada hari pertama Showcase Sabtu 30 September 2017 ,  10 besar finalis The NextDev Academy 2017 tersebut melakukan demo dan team pitching untuk menginspirasi pengunjung dengan aplikasi yang mereka kreasikan. Kegiatan ini juga diisi dengan sesi talkshow yang menghadirkan para praktisi di industri startup, yakni Yoris Sebastian (Founder & Creative Thinker OMG Consulting) dan Gibran Huzaifah (Founder & CEO eFishery)  dan  mereka berdua akan membagi ilmu bisnis untuk para calon finalis Kompetisi The NextDev 2017dan juga pengunjung acara.

Sementara pada hari kedua  Minggu 1 Oktober 2017 akan diadakan rocket pitching untuk menjaring calon finalis Kompetisi The NextDev 2017. Dalam kegiatan rocket pitching ini ada sekitar 20 Startup yang berasar dari wilayah area Pamasuka diantaranya dari Balikpapan dan Makassar yang berkesempatan  untuk  mempresentasikan ide aplikasi yang memaparkan problem, solusi, dan model bisnis untuk isu perkotaan dengan berbagai topik  yakni e-Health (kesehatan), e-Education (edukasi), e-Agriculture (agrikultur), dan e-Transportation (transportasi).

Dari rocket pitching ini Telkomsel akan memilih dua startup terbaik yang akan  langsung masuk kompetisi The NextDev 2017, Peserta terbaik pertama berhak atas golden ticket ke 20 besar Kompetisi The NextDev 2017 serta saldo TCASH sebesar Rp 3 juta. Sementara itu, peserta terbaik kedua meraih tiket ke tahap 100 besar kompetisi yang sama dan saldo TCASH sebesar Rp 1 juta.

Vice President Sales and Marketing Telkomsel Area Pamasuka  Herry Setiawan  mengatakan “Showcase The NextDev Academy merupakan upaya dukungan Telkomsel untuk para wirausaha di bidang digital agar dapat mengembangkan sekaligus memperkenalkan kepada generasi muda potensi dari Digipreunership yang mampu menghadirkan solusi optimal bagi kendala yang di temukan di lingkungan sosial, rutinitas keseharian, transportasi hingga kesehatan. Kami sangat mengapresiasi niat besar para digipreneurship dari berbagai bidang untuk berpartisipasi dalam kegiatan selama dua hari ini.”

Untuk memeriahkan acara Showcase The NextDev Academy 2017 di kota Makassar ini, Telkomsel  juga menghadirkan berbagai promo menarik  di area  event belanja di Merchant melalui Tcash, promo produk dan paket layanan digital, penukaran Telkomsel Poin, lomba  game online serta hiburan.

Comment