Pertamina Ajak Konsumen Beralih Gunakan BBM Non-Subsidi di Tahun 2020

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Konsumsi BBM Non-subsidi jenis Gasoline atau Perta Series di wilayah Sulawesi mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Ini terlihat dari angka penyaluran Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo yang dilakukan PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VII sepanjang tahun 2019.

Kenaikan produk Perta Series tersebut, menurut Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR VII, Hatim Ilwan, menandakan semakin diminatinya produk BBM berkualitas oleh konsumen di sebagian besar Wilayah Sulawesi.

“Konsumsi BBM Non-subsidi Perta Series rata-rata naik sebesar 5,8%. Kenaikan tertinggi diraih Pertamax Turbo 28,1%, diikuti Pertalite yang naik 6,87%” ucapnya.

Kata Hatim, peningkatan konsumsi juga dialami oleh BBM Subsidi jenis Gasoline (Premium) sebanyak 1,38% dibanding konsumsi Tahun 2018.

Sepanjang 2019 penyaluran Premium di Sulawesi melebihi alokasi kuota yang sudah ditetapkan Pemerintah sebesar 0,9%.

“Mengantisipasi adanya peningkatan konsumsi BBM Subsidi Premium di Tahun 2020 ini, Pertamina kembali mengajak masyarakat untuk beralih menggunakan produk BBM Non-subsidi,” ujarnya.

Hatim pun menyampaikan berdasarkan surat penugasan dari Badan Pengatur Hilir (BPH) Migas kepada Pertamina, Tahun 2020 ini kuota BBM Subsidi Premium yang ditugaskan untuk disalurkan melalui Pertamina sama dengan Tahun 2019.

“Angkanya tidak ada peningkatan yakni sebesar 1.467.395 KL,” jelasnya.

Adapun Kuota BBM Subsidi Premium untuk masing-masing provinsi adalah 759.372 KL untuk Sulawesi Selatan, 161.409 KL untuk Sulawesi Tenggara, 213.973 KL untuk Sulawesi Tengah, 94.322 KL untuk Sulawesi Barat, 170.572 KL untuk Sulawesi Utara dan 67.747 KL untuk Gorontalo,” lanjutnya.

Hatim menegaskan, untuk kondisi ini harus disikapi dengan bijak oleh seluruh elemen masyarakat bahwa harus ada peralihan konsumsi dari synsidi ke non-subsidi sehingga kuota yang sudah ditugaskan kepada Pertamina dapat tersalurkan secara tepat sasaran kepada masyarakat yang berhak.

“Apalagi BBM Non-Subsidi memiliki berbagai keunggulan bagi kendaraan yang dipakainya,” katanya.

Pertamina mengucapkan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada pelanggan setia Produk BBM Berkualitas baik kalangan industri, instansi Pemerintah, yang telah mendukung peralihan ke BBM Non-subsidi dengan bersama-sama melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat.

“Komitmen Pertamina akan terus meningkatkan kualitas produk dan layanan bagi masyarakat,” tutup Hatim.

Comment