MASIKA ICMI Makassar Mendukung Kas Masjid untuk Amal Jariah hadapi Covid-19

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Di tengah musibah Covid-19 yg sedang menimpa negeri kita ini, sudah selayaknya Pengurus Masjid atau Dewan Masjid atau institusi yang berwenang berada di garda terdepan untuk membantu warga sekitar memenuhi kebutuhan dalam rangka pencegahan Covid19 tersebut.

Salah satu pengurus Masika ICMI Makassar, Asis Nojeng, mengatakan, “Jika setiap jumat kita kerap mendengar pengurus Masjid mengumumankan kas Masjid yang fantastis. Namun bisa lebih fantastis jika disalurkan untuk kemaslahatan umat manusia.

“Inilah kesempatan emas Pengurus Masjid untuk berdakwah secara tidak langsung. Mempraktikkan Islam yang rahmatan lil alamiin sebagaimana yang pernah dicontohkan oleh Rasulillah, Keluarga, dan para Sahabatnya yang setia”, ungkapnya.

Sudah saatnya mindset kas masjid ditumpuk dan lebih banyak dijadikan lanjutnya, “untuk sekadar mempercantik lantai, aksesoris dan dinding Masjid namun melupakan nuansa amal jariah sosial dari dana jamaah tersebut. Kami yakin pengurus Masjid memiliki rasa pertanggungjawaban yang tinggi melampaui prinsip-prinsip akuntansi. Karena mereka akan bertanggung jawab langsung kepada Tuhan Ilahi Rabbi”, tambahnya.

Syamsu Alam, Pengurus Masika ICMI Makassar, menambahkan, “Kami membayangkan jika warga dan jamaah merasakan kehadiran Masjid maka warga akan tersentuh hatinya untuk lebih giat berdonasi dan beribadah demi Allah Swt melalui amal Jariah sosial.

“Apa saja yang bisa lakukan dalan rangka membantu warga sekitar untuk pencegahan Covid19 ini? Ada banyak yg bisa lakukan, misal :
-Pengadaan ruang sterilisasi.

  • Berbagi bahan makanan bagi kaum duafa dan membutuhkan.
  • Penyemprotan di gerbang masuk komplek/wilayah, baik manual atau menggunakan alat sensor.
  • Pembagian masker, handsoap, handsanitizer.
    Atau hal lain yg mungkin bisa diadaptasi dari beberapa wilayah yg sudah melakukan nya. Kita bisa sangat mudah mencari informasi tsb.
  • Lebih jauh lagi, Masjid bisa mempersiapkan segala kebutuhan warga yang pokok, jika opsi LOCKDOWN atau KARANTINA atau ISOLASI Lokal/Nasional di berlakukan.

Mariki bersama-sama berkontribusi menghadai wabah pandemik ini. Semoga Allah Swt merahmati dan meridhai segala upaya kita, sehingga wabah ini bisa berakhir, tutup Alam.

Comment