Integrated Terminal Bitung, Perdana Salurkan Produk Pertamina DEX

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Integrated Terminal (IT) Bitung PT Pertamina (Persero) untuk pertama kalinya, menyalurkan produk unggulan Pertamina Dex, Selasa Lalu, 7 April 2020.

Penyaluran perdana produk dengan Cetane Number (CN) sebesar 53 ini melengkapi produk yang tersedia di Terminal Bahan Bakar Minyak (BBM) yang berada di wilayah operasi Marketing Operation Region (MOR) VII ini.

Pertamina DEX merupakan varian tertinggi dari jenis gasoil yang dimiliki oleh Pertamina. Dengan CN sebesar 53 dan sulfur di angka maksimum 300 part per milion (ppm) membuat Pertamina DEX mampu melindungi mesin kendaraan dengan lebih maksimal. Selain itu, produk ini pun ramah lingkungan dan sangat cocok digunakan untuk mesin diesel yang sudah menggunakan teknologi Common Rail.

Dengan tersedianya Pertamina Dex di Integrated Terminal Bitung, Sulawesi Utara, maka secara otomatis pasokan Pertamina Dex untuk wilayah Provinsi Sulawesi Utara dan Gorontalo ini bisa langsung dikirim dari terminal BBM yang dibangun 1968 dan mulai beroperasi 1969 ini. “Sebelumnya, pasokan Pertamina DEX wilayah Sulawesi Utara dan Gorontalo diperoleh dari Integrated Terminal Makassar, Sulawesi Selatan,” ujar Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR VII, Hatim Ilwan.

Dengan kini tersedianya Pertamina DEX di IT Bitung, menurut Hatim, membuat risiko pengiriman menjadi kecil. Maklum, jarak yang ditempuh mobil tanki dari Makassar ke lokasi akhir pengiriman di Sulawesi Utara yang pembawa produk tersebut mencapai 1.700 km. “Dan sebelumnya dibutuhkan waktu sekitar 9-10 hari untuk perjalanan darat pulang-pergi (PP) Makassar-Bitung-Makassar,” ujarnya.

Dengan jarak tempuh yang cukup panjang serta waktu tempuh yang cukup lama membuat risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas dengan pola pengiriman sebelumnya lumayan tinggi. ‘Faktor kelelahan awak mobil tangki (AMT) juga membuat risiko pengiriman semakin tinggi,” ujarnya. Kini, Pertamina juga bisa menghemat biaya dan waktu tempuh penyediaan produk ini ke masing-masing Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Hatim juga menjelaskan bahwa dengan tersedianya produk Pertamina DEX di IT Bitung membuat masyarakat semakin mudah untuk mendapatkan produk BBM berkualitas ini. “Jarak tempuh pengiriman yang berhasil dipangkas akan memudahkan penyediaan Pertamina DEX di SPBU,” ujarnya. Pertamina pun berencana akan melakukan penambahan outlet penyedia Pertamina DEX di daerah cakupan IT Bitung. “Dengan penambahan outlet, akses masyarakat untuk mendapatkan Pertamina DEX pun semakin mudah ,” sambungnya.

IT Bitung merupakan merupakan satu dari tujuh belas terminal BBM yang ada di Pulau Sulawesi dengan wilayah distribusi mencakup seluruh provinsi Sulawesi Utara dengan jumlah SPBU yang disupply mencapai 70 lokasi. Adapun kapasitas tangki untuk menampung all produk BBM produk Pertamina mencapai 45 juta liter.

Komentar

Check Also

Indosat Ooredoo Topang Pembelajaran Jarak Jauh Hingga Di Daerah Terpencil

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Belajar jarak jauh tak bisa dilepaskan dari dukungan teknologi dan konektivitas. Kebutuhan …

Share This
Mediawarta