Menanam Sendiri Komoditas Holtikultura Ala ACI

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Berkurangnya ketersediaan pangan, khususnya pada rantai distribusi, seperti komoditas hortikultura (sayuran dan buah-buahan), sebagai efek Pandemi Covid-19 khususnya saat diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) disejumlah Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan.

Asosiasi Cacing Indonesia (ACI) Pengda Sulsel mengajak masyarakat untuk menanam sendiri komoditas hortikultura seperti sayuran, baik dengan cara konvensional maupun dengan cara hydroponik. Dengan begitu, setidaknya bisa meminimalisir kekurangan pangan.

“Gerakan menanam tanaman pangan ini sudah kami gagas beberapa waktu yang lalu. Kami juga membagikan beberapa pupuk organik alternatif dari bekas/kotoran cacing sebagai penunjang tanaman sayuran. Oleh karena itu, kami harap  masyarakat dapat memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumahnya untuk menanam sayur,” ungkap Syafrullah, Ketua ACI Pengda Sulsel.

Secara singkat melalui sekretaris ACI Sulsel Efek Pandemi Covid-19 khusus nya saat diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) adalah ketersediaan pangan khususnya pada rantai distribusi Terlebih seperti komoditas hortikultura (sayuran dan buah-buahan).

Asosiasi Cacing Indonesia (ACI) Pengda Sulsel  mengajak  masyarakat untuk menanam sendiri komoditas hortikultura seperti sayuran, baik dengan cara konvensional maupun dengan cara hydroponik. Dengan begitu setidaknya bisa meminimalisir kekurangan pangan.

“Gerakan menanam tanaman pangan ini sudah kami gagas beberapa waktu yang lalu. Kami juga membagikan beberapa pupuk organik alternatif dari bekas/kotoran cacing sebagai penunjang tanaman sayuran, Oleh karena itu Kami harap  Masyarakat dapat memanfaatkan lahan kosong disekitar rumahnya untuk menanam sayur, ungkap Syafrullah ketua ACI Pengda Sulsel”

Secara singkat melalui sekretaris ACI Sulsel M Faizal, saat di konfirmasi disekretariatnya menyampaikan, apa yang dilakukannya sebagai bentuk antisipasi akan kecukupan gizi masyarakat, dan sebagai bentuk survival terhadap kondisi. 

Dia mengatakan, dengan makin terbatasnya akses publik terhadap pasar, maka menanam sendiri merupakan solusi terbaik. Karena itu, di harapkan gerakan menanam sayuran ini terus digelorakan warga Sulsel. (Muhammad El Rumi)

Komentar

Check Also

DANCOW Kreasi Anak Indonesia 2020 Hadirkan Berbagai Inovasi Anak Bangsa

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA – Seperti anak-anak dari berbagai negara di dunia, anak-anak Indonesia mempunyai kemampuan dan …

Share This
Mediawarta