Dapat Masukan dari Stakeholder, Poltekpar Makassar Akan Gelar PKN Bulan Depan

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar menggelar Focus Group Discussion (FGD), di Kampus Politeknik Pariwisata Makassar, terkait pelaksanaan Praktik Kerja Nyata (PKN) di masa pandemic covid-19, Jum’at (05/06/2020).

Direktur Poltekpar Makassar Drs. Muhammad Arifin M.Pd, mengatakan, akan melaksanakan PKN di bulan Juli 2020, berdarkan masukan dan support dari beberapa stake holder yang hadir di acara FGD.

“Soal teknis nya seperti apa, itu akan kami bicarakan lebih lanjut kemudian bersama para mitra pariwisata yang hadir, seperti PHRI, IHGMA, ASITA dan lain-lain,” ungkapnya.

PKN adalah proses pembelajaran mahasiswa berupa kerja praktik di dunia industri, perusahaan, dan instansi. Ini merupakan salah satu mata kuliah wajib, sebelum mahasiswa mengajukan tugas akhir.

Pelaksanaan PKN disesuaikan dengan kurikulum pada masing-masing program studi, sedang mahasiswa yang akan menempuh PKN harus memenuhi beberapa persyaratan. Seperti telah menempuh paling sedikit 110 SKS, dan memiliki IPK lebih dari 2, telah memprogram mata kuliah PKN dalam KRS, telah memenuhi segala persyaratan administratif yang ditentukan, serta memiliki kompetensi dengan keilmuan.

Bentuk praktek kerja dititikberatkan pada pekerjaan operasional level di bidang perhotelan/kepariwisataan dan perjalanan untuk program Diploma III, serta manajerial level untuk program Diploma IV.

Mahasiswa diwajibkan untuk menyusun laporan yang berisi tentang laporan kegiatan dan analisis praktek selama melaksanakan PKN.
Adapun periode Pelaksanaan Praktek Kerja Nyata di PTNP di lingkungan kemenparekraf selama 6 (enam) bulan, atau satu semester periode pertama berlangsung Januari-Juni dan kedua Juli- Desember, baik level operasional maupun level manajerial, atau tergantung kesepakatan institusi dengan industry/perusahaan dan instansi tempat mahasiswa melaksanakan PKN. (Ayu)

Comment