Lion Air Group Memastikan Kualitas Udara dan Kebersihan Kabin Pesawat Jet Boeing Terjaga Baik

MEDIAWARTA.COM, TANGGERANG – Lion Air (kode penerbangan JT) dan Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group memberikan keterangan tentang peningkatan prosedur sterilisasi dan kebersihan pesawat udara jet jenis Boeing 737-800NG dan Boeing 737-900ER.

Komitmen Lion Air Group untuk memastikan kesehatan dan keselamatan pada penumpang, awak pesawat, teknisi, petugas layanan darat (ground handling) serta karyawan lainnya yang terkait, dalam pelaksanaan operasional penerbangan yang memenuhi unsur-unsur tidak menyebabkan penyebaran penyakit menular termasuk Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Upaya Lion Air Group sesuai dengan rekomendasi pabrikan pesawat Boeing yang dijalankan berdasarkan pendekatan keamanan dan keselamatan yang terus ditingkatkan serta diperbarui di industri penerbangan- termasuk sistem yang telah terbukti dalam membantu menjaga tingkat kebersihan kabin. Salah satu sistem tersebut adalah penyaringan udara yang ada di semua pesawat Boeing. Sistem penyaringan udara mengandalkan kemampuan High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter atau penyaringan partikel yang kuat.

Sistem kerja HEPA ialah menyaring serta membuat sirkulasi ulang dari kabin dan menyampurkannya dengan udara bersih dari luar pesawat. Sebagian udara yang berasal dari dalam dibuang ke luar kabin, sisanya dipompa melalui filter udara –  HEPA.

HEPA filter bekerja efektif dengan tingkat 99,9+% menghilangkan partikel seperti virus, bakteri dan jamur sebelum udara kembali didistribusikan (sirkulasi) ke kabin. Perputaran sirkulasi udara dalam pesawat yang dilengkapi HEPA berlangsung cepat. Dengan demikian sirkulasi udara yang segar di kabin diperbarui 20 hingga 30 kali dalam satu jam atau setiap dua hingga tiga menit, sehingga penumpang akan merasa baik dan percaya diri untuk terbang.

Perangkat teknologi yang terpasang dan berbagai tindakan preventif dari Lion Air Group akan memberikan optimis bahwa perjalanan udara perlahan mulai kembali. Dengan harapan, penumpang dapat memulai perjalanan tanpa ragu-ragu (resume their journeys with confidence), karena ada sistem terkoordinasi yang dirancang untuk membantu menjaga aman dari pandemi Covid-19.

Teknologi lainnya yang membuat kualitas udara di kabin aman ialah material komposit di kabin pesawat yang memungkinkan menjaga kelembaban sehingga mengurangi efek dehidrasi, kondisi kering dan tidak berkarat seperti pada logam di bawah kelembaban tinggi. Kabin pesawat didesain mampu mempertahankan kelembaban kurang lebih 25%, meningkat jika dibandingkan pesawat seri terdahulu yakni sebesar 20%.

Peningkatan kegiatan kebersihan pesawat udara Lion Air Group secara berkala dengan metode Aircraft Exterior and Interior Cleaning (AEIC) yang dijalankan di pusat perawatan pesawat Batam Aero Technic (BAT) dan di berbagai basis bandar udara (base station) dimana pesawat Lion Air Group berada.

Pengerjaan kebersihan meliputi ruang kemudi (flight deck); dapur (galley); kamar kecil (lavatories), termasuk pintu, pegangan pintu, wastafel dan tempat sampah; alas makan dan pegangannya; fasilitas hiburan (in-flight entertainment) termasuk remote control; pegangan pembuka rak bagasi kabin (luggage storage bin handle)overhead lighting, ventilasi udara dan call button; sandaran kursi; penutup tempat duduk (seat covers); sabuk pengaman (seatbelts); sandaran kepala tempat duduk (seat headrests); karpet lantai; jendela dan penutup jendela; fasilitas penumpang lainnya; ruang kargo (cargo compartment) dan lainnya. (rls)

Comment