RS SILOAM DAN PENGEMBANG TANJUNG BUNGA GELAR RAPID TEST DI LANUD TNI AU SULTAN HASANUDIN

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – RS Siloam Makassar dan Pengembang Tanjung Bunga (PT Gowa Makassar Tourism Development,Tbk) memberi penghargaan atas peran dan pelayanan Pangkalan TNI AU Lanud Sultan Hasanudin di kota Makassar dengan menyumbang dan melakukan 250 Rapid Test massal kepada seluruh personil awak pesawat/air crew yang bertugas di pangkalan, Selasa (9/6/2020).

Acara testing masal di Pangkalan di saksikan langsung oleh Komandan Pangkalan Lanud TNI AU Sultan Hasanudin, Marsekal Pertama TNI  H. Haris Haryanto, S.I.P, Wakil Direktur Utama RS Siloam Hospitals Caroline Riady yang diwakili Direktur RS Siloam Makassar Dr. Herry Bertus dan Komisaris Utama PT GMTDC Prof. Didik Rachbini yang diwakili oleh Associate Director Tanjung Bunga M. Harrys H.

Pangkalan Lanud TNI AU Sultan Hasanudin berperan besar dan menghadapi tantangan berat di garda depan dalam kelancaran pelayanan penerbangan, dan logistik udara di Sulawesi Selatan dan sekitarnya. Pihak swasta memiliki kesempatan berbagi dalam sumber daya dan pengetahuan berbeda sebagai wujud kerja sama di lapangan.

Dengan adanya pandemi Covid-19 dan penyebaran infeksi di Sulawesi Selatan, dan demi mempertahankan pelayanan Pangkalan TNI AU  Lanud Sultan Hasanuddin dalam kondisi prima serta upaya pemutusan mata rantai penyebaran infeksi, Pangkalan TNI AU Lanud Sultan Hasanudin membutuhkan dan hendak melakukan rapid test Covid-19 terhadap 250 personelnya.

Pengembang Tanjung Bunga dan RS Siloam Makassar menerima dengan baik permintaan dan sepakati memberi bantuan, sumbangan dan kerja sama berupa 250 rapid test kits dan melaksanakan testing rapid test secara masal di lokasi Pangkalan TNI AU Lanud Sultan Hasanudin.

Peningkatan jumlah kasus Covid-19 setiap hari yang kian makin cepat secara nasional dan khususnya di Sawesi Selatan sangat membutuhkan peran kunci dalam deteksi awal melalui testing yang cepat baik melalui ‘antibody rapid test’. Deteksi dini ini memungkinkan pemberian perawatan tepat waktu, khusus pada titik awal serangan Covid-19, sebelum serangan dasyat terjadi terhadap paru paru. Pada akhirnya deteksi dini dan tepat waktu akan meningkatkan angka kesembuhan dan mengurangi angka kematian.

Komandan Pangkalan Lanud TNI AU Sultan Hasanudin, Marsekal Pertama TNI  H. Haris Haryanto, S.I.P menyambut dengan baik kerjasama ini, “Kami menghargai inisiatif dan kerja sama dengan Pengembang Tanjung Bunga dan Kelompok Siloam sebagai salah satu penyedia layanan kesehatan, terutama di masa krusial ini. Kami berharap dukungan ini dapat membantu mengendalikan penyebaran virus corona dengan dilakukannya tes kepada lebih banyak pihak khususnya terhadap jajaran kami di Pangkalan. Apabila ada tindakan medis yang diperlukan pasca tes, akan dapat segera dilakukan dan dengan demikian dapat memutus rantai penyebaran COVID-19.”

Wadirut Siloam, Caroline Riady menyatakan: “Kunci dari upaya melawan Covid-19 adalah testing dengan cepat, luas dan efektif. Dengan demikian bisa diambil keputusan tepat waktu untuk mengisolasi dan merawat pasien, serta dengan cepat melakukan kontak tracing untuk menurunkan dan memutuskan rasio penularan. Akibatnya juga lebih menjamin keselamatan dan keamanan para dokter, perawat dan pekerja medis di rumah sakit dan fasilitas kesehatan. Siloam terus mengupayakan diri siap mendukung misi dan program pemerintah dalam usaha bersama melawan COVID-19”.

Direktur RS Siloam Makassar dr. Herry Bertus menambahkan: “Dalam ikut berpartisipasi mendukung pemerintah menangani COVID-19, Siloam telah meningkatkan tiga puluh persen dalam kapasitas jumlah tempat tidur dan sepenuhnya mengoperasikan RS Darurat Rujukan Khusus Covid-19 yaitu RS Siloam Makassar”.

“Selain itu Laboratori RS Siloam juga mendukung dorongan pemerintah meningkatkan kapasitas RT-PCR (Real Time Polymerase Chain Reaction) Testing dengan menjalankan empat mesin PCR dengan kapasitas berjalan sampai dengan 576 sampel pasien per hari dengan tujuan utama testing para dokter, perawat dan pekerja medis di lapangan”.

Comment