Gubernur Tinjau Pembangunan Pasar Seni dan Pelabuhan Bira di Bulukumba

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan, Prof HM Nurdin Abdullah meninjau progres proyek senilai Rp 45 miliar di dalam kawasan wisata Bira Bulukumba. Rp 45 miliar ini merupakan anggaran bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel tahun anggaran 2020.

Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah mengaku, ini merupakan bentuk support Pemprov Sulsel untuk menjaga pariwisata kita di Bulukumba.

“Iya, pagi ini kita meninjau progres pembangunan pedistrian dan pembangunan lainnya di dalam kawasan wisata Bira Bulukumba ini,” ungkapnya, di Pantai Bira Bulukumba, Kamis 30 Juli 2020.
Anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Bidang Infrastruktur, Dr. Hendra Pachri, S.T., M.Eng menjelaskan, pembangunan untuk tahun ini terdiri dari pedistrian sepanjang 700 meter, pasar seni dan terminal. Sementara untuk pembangunan tahap dua atau anggaran tahun 2021 merupakan Pelabuhan Bira Bulukumba-Selayar.

“Ada dua tahap tadi yang disurvei terkait pembangunan pariwisata dalam Kawasan Wisata Bira dan Bira Timur di Bulukumba. Sementara untuk keseluruhan yang masuk di dalam kawasan wisata Bira Bulukumba sebanyak Rp 43 miliar, dari Rp 50 miliar untuk Bulukumba,” jelasnya.

Adapun peninjauan lainnya yakni lokasi rencana pembangunan pelabuhan Bira-Selayar. Area tersebut masih dalam proses pengukuran berapa aset milik Pemprov Sulsel dan Kabupaten Bulukumba.

“Baru perencanaan berapa aset Pemprov sana di untuk pembangunan pelabuhan Bira-Selayar. Saat ini belum ada luasannya. Dan diharapkan secepatnya ada hasil luasan, disitu pencernaan diselesaikan di 2020 akhir dan masuk tahap pekerjaan 2021,” pungkasnya. (rls)

Comment