JK Minta Prioritaskan Pembersihan Dampak Banjir Saat Kunjungi Masamba

MEDIAWARTA.COM, MASAMBA – Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) meminta kepada relawan dan masyarakat bersama Pemerintah untuk bersama sama melakukan gerakan membersihkan terhadap sarana dan prasana dan rumah warga terdampak Banjir Bandang di Kota Masamba,Luwu Utara agar aktifitas kembali berjalan normal dan warga yg berada di Pengungsian dapat kembali ke rumahnya masing masing.

Hal tersebut disampaikan Jusuf Kalla usai meninjau pemukiman warga yg terdampak banjir bandang di desa radda Kecamatan Baebunta dan Kota Masamba,Luwu Utara,Kamis (23/07/2020)

“Inti penanganan banjir itu adalah pembersihan, agar rakyat bisa kembali. Kemudian nanti rumah rumah diperbaiki, serta infrastruktur lainnya seperti listrik dan sebagainya. Nanti kalau semua sudah normal baru pemerintah akan fokus untuk melakukan normalisasi aliran sungai” ujarnya

Terkait upaya pembersihan tersebut JK menjanjikan PMI akan memberikan bantuan berupa sekop dan cangkul agar masyarakat dapat membersihkan rumah masing masing secara mandiri. Dengan demikian para relawan dan pemerintah dapat fokus untuk melakukan pembersihan jalan serta fasilitas umum. JK menargetkan tanggap darurat untuk pembersihan kota adalah 1 bulan.

“nanti PMI akan membagikan sekop dan cangkul kepada masyarakat agar mereka bisa membersihkan rumahnya sendiri. Dan untuk jalan serta fasilitas umum ditangangi oleh pemerintah serta relawan dengan menggunakan alat berat. Baru setelah itu kita normalisasi sungai. Target kita 1 bulan tanggap darurat pembersihan kota” tegasnya.

JK juga meminta untuk daerah aliran sungai untuk tidak ditempati dulu. Menurutnya untuk saat ini Daerah Aliran Sungai masih cukup rawan untuk ditinggali kembali karena sudah terjadi pendangkalan. Sehingga apabila terjadi hujan deras akan banjir kembali sehingga dapat membahayakan

“saya katakan, daerah aliran sungai saat ini sangat rawan untuk ditempati karena terjadinya pendangkalan, sehingga kalau terjadi hujan deras akan banjir lagi dan bisa membahayakan” ungkap JK.

Dalam kunjungannya di Kota Masamba JK, bersama Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah,Kasdam XIV Hasannuddin Brigjen Andi Muhammad,Sekjen PMI Sudirman Said juga melihat langsung Huntara yang ada di desa meli Kecamatan Baebunta.(rls)

Comment