Pertamina Berikan Dana Bantuan Pengembangan UMKM Rp 3,7 Miliar Kepada Dekranasda Sulsel

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – PT Pertamina untuk pertama kalinya menjalin kerjasama dengan Dewan Kerajinan dan Kesenian Daerah (Dekranasda) serta Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Sulawesi Selatan untuk membantu permodalan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), berupa bantuan permodalan yang diberikan secara simbolis di rumah jabatan Gubernur Sulsel, Senin (13/07/2020).

Penyerahan simbolis dilakukan langsung oleh General Manager Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VII, C.D. Sasongko, kepada Ibu Gubernur Sulawesi Selatan sekaligus Ketua Dekranasda dan ketua tim Penggerak PKK Provinsi Sulsel, Liestiaty F. Nurdin. Hadir juga pada kesempatan tersebut Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR VII, Hatim Ilwan, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Makassar, Dr. Rossy T. Wahyuningsih, dan Ketua Darmawanita Persatuan Setda Provinsi Sulsel, Sri Rejeki Hayat, SE,. MM.

Bantuan modal sebesar Rp 3,7 miliar ini nantinya akan disalurkan kepada 73 pelaku UMKM yang sebelumnya telah melalui proses survey. Pelaku UMKM tersebut tersebar di 10 kabupaten/kota dan kabupaten seperti Kota Makassar, Kabupaten Bantaeng, Bone, Bulukumba, Gowa, Pinrang, Sinjai, Soppeng, Takalar, hingga Wajo. Usaha yang digeluti oleh masing-masing pelaku UMKM pun berbeda-beda, mulai dari sektor industri, jasa, perdagangan hingga peternakan.

Sasongko menjelaskan bahwa jalinan kerjasama yang dilakukan bersama Dekranasda dan PKK Provinsi Sulsel ini bermula dari kepedulian Pertamina dan Dekranasda kepada UMKM khususnya di Provinsi Sulawesi Selatan. “Berangkat dari hal tersebut, Pertamina, Dekranasda dan PKK kemudian melakukan sosialisasi Program Kemitraan yang dimiliki Pertamina kepada sejumlah pelaku UMKM yang selama ini dibina dengan baik,” jelasnya.

Sosialisasi yang dilakulan pada Juni 2020 lalu, lanjut Sasongko, disambut baik oleh pelaku UMKM yang hadir pada saat itu. “Hal ini tidak lepas dari dukungan Ibu Gubernur selaku Ketua Dekranasda sekaligus ketua penggerak PKK Provinsi Sulsel,” lanjutnya. Tercatat setiap sosialisasi lewat online dilakukan, puluhan pelaku UMKM hadir dan serius menyimaknya. 

Liestiaty F. Nurdin menyampaikan apresiasi kepada Pertamina atas bantuan modal yang diberikan kepada UMKM binaan Dekranasda. “Semoga ini merupakan langkah awal untuk kerjasama dengan Pertamina yang lebih baik lagi,” ungkapnya. Menurutnya, animo pelaku UMKM binaan Dekranasda dan PKK Sulsel sangat antusias menyambut program permodalan ini. “Keinginan mereka untuk menjadi mitra binaan Pertamina sangat kuat,” tambahnya.

Sasongko berharap jalinan kerjasama ini pun terus berlanjut dan menuai hasil yang positif dalam mengembangkan UMKM yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan. “Masih banyak UMKM di Sulawesi Selatan yang potensial dan bisa dikembangkan,” pungkasnya. 

Sebelumnya, Pertamina MOR VII hingga Juni 2020 telah menyalurkan bantuan modal Program Kemitraan sebesar Rp 7 miliar kepada 143 pelaku UMKM yang tersebar di seluruh provinsi yang ada di Sulawesi. Untuk tahun ini, pihaknya menargetkan Rp 16,5 miliar dana yang akan disalurkan untuk pelaku UMKM di seluruh wilayah Sulawesi. “InsyaAllah kami ingin menjadi bagian penting agar UMKM di Sulsel bisa naik kelas,” tutupnya. (Mulan)

Comment