TP PKK Makassar Gelar SMEP 3 Kecamatan Secara Virtual

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Tim Penggerak PKK Kota Makassar gelar Sistem Evaluasi Monitoring Pelaporan (SEMP) secara virtual di rumah jabatan Wakil Walikota, Rabu (22/07/2020).

Hal ini sebagai upaya untuk tetap memantau berbagai kegiatan TP PKK ditingkat kecamatan selama masa pandemi.

Ketua TP PKK Makassar, Rossy Timur Wahyuningsih dalam kesempatan tersebut menyampaikan beberapa poin penting bagi ketua TP PKK Kecamatan.

Untuk STEM kali ini diikuti oleh 3 kecamatan yakni Kecamatan Ujung Tanah, Kecamatan Sangkarrang, serta kecamatan Tamalanrea.

“Berbagai kegiatan maupun program PKK di kecamatan harap tetap dilaksanakan dengan mengacu pada protokol kesehatan, semisal kegiatan posyandu,” tutur Rossy.

Kegiatan SMEP terbilang penting untuk mengetahui bagaimana progres kerja TP PKK selama ini, dan juga untuk mengetahui jika ada kegiatan inovatif yang mungkin dapat menjadi percontohan di kecamatan lainnya.

Selain itu, Ketua TP PKK mengingatkan kembali agar seluruh struktur organisasi PKK dilengkapi, demikian pula sarana untuk berkumpul bagi ibu-ibu PKK.

“Komunikasi akan lebih mudah jika struktur organisasi jelas dan lengkap masing-masing pokja, keberadaan ruang kerja juga menjadi penting,” lanjutnya.

Hal lain yang tidak kalah pentingnya menurut Rossy yakni dalam mengedukasi masyarakat, sebaiknya memberikan percontohan, semisal untuk laporan dasawisma, minimal di setiap kecamatan memiliki kelurahan dengan dasawisma yang sesuai dengan standar dan kriteria data yang dibutuhkan.

“Percontohan ini untuk memudahkan kelurahan lainnya, untuk menyediakan data dasawisma sesuai dengan standar. Data dasawisma sangat penting sebagai basis data kita,” lanjutnya.

TP PKK dalam mengedukasi masyarakat, diminta untuk memberikan contoh, serta memberikan edukasi secara langsung. Demikian pula dalam mensosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat.

“Jangan lupakan protokol kesehatan, dan aplikasikan pada diri sendiri dengan menggunakan masker, jaga jarak dan cuci tngan,” lanjutnya.

Kegiatan dihadiri pula oleh Camat Ujung Tanah serta Camat Tamalanrea selaku pembina PKK di kecamatan masing-masing. (rls)

Comment