Donasi Nasi Gratis Melalui Berkah Box Hadir di Makassar Di Bulan Agustus 2020

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Yayasan Berkah Makan Berbagi yang sukses mewadahi sedekah dalam bentuk penyediaan makan gratis di masjid-masjid di Yogyakarta dan Balikpapan kini hadir di Makassar.

Melalui program Berkah Box akan mewadahi ummat yang mau bersedekah dalam bentuk penyediaan makanan yang kemudian dibagikan secara gratis.

Jika awalnya, hanya ditujukan kepada jemaah masjid, kini program makan gratis ini, juga mulai diperuntukkan untuk fakir dan miskin, hamba sahaya, anak-anak panti asuhan, dan hafidz Al Qur’an.

CO Founder Berkah Box, Hj Nirwana Tawil, Jumat (14/8/2020), mengatakan, program Berkah Box mengumpulkan donasi yang akan digunakan untuk menyediakan nasi box yang akan dibagikan secara cuma-cuma.

“Setelah hadir pertama kali di Sleman, Yogyakarta menyusul dapur kedua di Balikpapan, Insya Allah, dapur ketiga Berkah Box akan hadir di Makassar. Kita akan soft launching atau mulai bagikan nasi gratis itu 18 Agustus 2020 mendatang,” ungkapnya.

Nirwana Tawil menjelaskan, bagi yang ingin berpartisipasi dalam penyediaan makan gratis dapat menghubungi manajemen Yayasan Berkah Makan Berbagi.

“Bagi yang ingin berpartisipasi dapat menghubungi kami di nomor kontak 08112168676. Dana yang terkumpul kita akan alokasikan untuk nasi box dan dibagikan secara gratis untuk jemaah masjid,” jelasnya.

“Untuk di Makassar kita sudah survei. Selain jemaah masjid, ternyata masih banyak saudara-saudara kita yang membutuhkan uluran tangan, seperti untuk fakir dan miskin, hamba sahaya, anak-anak panti asuhan, dan hafidz Al Qur’an,” tambahnya.

Nirwana Tawil mengakui, tahap awal akan disediakan 750 box per hari. Dimana per box dinilai seharga Rp10.000.

“Sumber pendanaan Berkah Box berasal dari donatur yang mendonasikan minimal Rp10.000 untuk satu box. Akad Rp10.000 itu, sudah termasuk isian nasi box, kemasan, beban tenaga kerja, dan beban manajemen yang mengurusi alur proses Berkah Box,” jelasnya.

Nirwana Tawil optimistis penyediaan nasi box ini, di Makassar akan meningkat. Sama halnya saat hadir pertama kali di Yogyakarta dan Balikpapan.

“Awalnya kita hadirkan makan gratis di masjid di Yogyakarta itu, untuk 50 orang jemaah, lalu bertambah dari waktu ke waktu bahkan hingga 500 jemaah. Kita sediakan makanan gratis tiga kali sehari, subuh, siang, dan malam. Saya yakin di Makassar juga akan meningkat. Ini sejalan dengan tagline Mengalirkan Keberkahan ,” terangnya.

“Teman-teman banyak yang lihat dan akhirnya banyak simpati dan tergerak memberikan donasi atau sedekah. Saat ini, Berkah Box sudah memproduksi 20 ribuan box per pekan untuk dua dapur di Yogyakarta dan Balikpapan. Jumlah donatur juga dari waktu ke waktu terus bertambah. Kini sudah ada 3.200 donator. Mereka memberikan donasinya tiap jumat. Ada yang Rp10.009 tiap Jumat, bahkan ada Rp10 juta per pekan. Artinya, siapa pun bisa bersedekah. Besar kecilnya sesuai keikhlasan dan kemampuan,” tambahnya.

Nirwana Tawil mengakui, Berkah Box yang diinisiasi Ustadz Rendy Saputra ini, awalnya sebagai upaya memakmurkan masjid.

“Ini Berkah Box lahir menjawab pertanyaan-pertanyaan, program apa yang bisa dibuat agar banyak jemaah datang ke masjid. Makanya kita hadirkan makan gratis ini di masjid. Alhamdulillah, kita berhasil,” ujarnya.

“Kita ingin mamaksimalkan dakwah masjid. Ingin kembalikan umat ke masjid. Menjadikan masjid sebagai pusat solusi permasalahan umat, dimulai dengan penyediaan makan siang,” tambahnya.

Nirwana Tawil mengatakan, Berkah Box melalui branding Berkah Box Indonesia ini,
beroperasi sejak 8 November 2019 atau bergerak sebelum pandemi virus corona (Covid-19).

“Nah, Setelah pandemi bak gayung bersambut tingkat kebutuhan semakin tinggi. Seperti di Balikpapan kita ada enam rumah sakit yang dicover dan disuplai nasi gratis. Termasuk 380 box untuk sopir Angkutan Kota (Angkot) yang terdampak pandemi kerja sama Organda Balikpapan,” katanya. (Mulan)

Komentar

Check Also

Di Talasalapang 2, Deng Ical Bocorkan Strategi Penanggulangan Kemiskinan

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Calon Wali Kota Makassar nomor urut 3, berkampanye di Jalan Talasalapang 2 …

Share This
Mediawarta