Gubernur Sulsel Pantau Kesiapan Bandara Buntu Kunik Toraja

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan, Prof HM Nurdin Abdullah melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Tana Toraja, Senin, 24 Agustus 2020. Ia melakukan pemantauan kesiapan Bandara Buntu Kunik Toraja untuk melayani penerbangan.

Nurdin Abdullah mengatakan bahwa terwujudnya bandara merupakan sinergi pemerintah mulai dari daerah hingga Pemerintah Pusat.

“Saya kira ini bentuk sinergitas yang kita bangun. Pertama hadir pemerintah kabupaten menyiapkan lahan, Pemerintah Provinsi membuat jalan akses menuju bandara. Terus Menteri Perhubungan membangun bandara, baik landasan maupun terminal,” sebut Nurdin.

Imbuhnya, bahwa hadirnya bandara di kabupaten yang menjadi andalan wisata Sulsel ini untuk mendekatkan masyarakat pada pelayanan transportasi.

Diketahui, Maskapai Wings Air telah menguji coba rute baru Makassar-Tana Toraja. Pesawat ATR 72-600 dan mendarat dengan selamat di Bandara Buntu Kunik untuk pertama kalinya, Kamis (20/8) lalu. Wings Air sukses melakukan uji coba terbang awal (proving flight) dengan rute Bandara Internasional Sultan Hasanuddin di Maros tujuan Bandara Buntu Kunik Toraja di Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja. Dalam waktu dekat, maskapai ini juga akan memang akan melayani penerbangan reguler penumpang berjadwal rute Makassar-Toraja pergi-pulang.

Sedangkan, bulan ini, (12/8) Pesawat Kalibrasi Hawker 900 XP milik Kementerian Perhubungan juga sukses mendarat di Bandara Buntu Kunik.(rls)

Comment