Nurdin Abdullah Dukung Geopark Maros Pangkep Masuk UNESCO

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Satu lagi destinasi wisata Sulsel yang akan diakui tingkat dunia. Geopark Maros Pangkep tengah diajukan masuk dalam keanggotaan UNESCO.

Gubernur Sulawesi Selatan, Prof HM Nurdin Abdullah pun mendukung penuh langkah tersebut. Apalagi, Geopark Maros Pangkep sudah memenuhi standar untuk masuk di UNESCO, tetapi harus ada konsisten dari masyarakat dan pemerintah untuk tetap menjaga keasliannya. 

“Iya (memenuhi standar), makanya saya bilang harus kita jaga. Jangan sampai kita merubah fungsinya. Silahkan membangun infrastruktur apa saja tapi itu (jangan merubah keasliannya),” pesannya di Rujab Gubernur Sulsel, Senin (3/8/2020).

Ia menjelaskan, pembangunan infrastruktur bisa dilakukan tapi yang paling penting harus jaga adalah bagaimana tetap menjaga keaslian situs budaya dan kearifan lokalnya. 

“Geopark Maros Pangkep ini sangat banyak destinasi-destinasi nya. Makanya saya bilang ini harus betul-betul dijaga keaslian dan kearifan lokalnya. Jangan sampai karena kita membangun kawasan wisata tapi merubah fungsi,” tegasnya. 

Menurut dia, langkah yang tepat untuk menjaga hal tersebut yakni dengan betul-betul menyayangi alam dengan segala upaya dan paling penting Geopark Maros Pangkep ini juga untuk mendorong kesejahteraan masyarakat sendiri.

“Makanya saya sering mengatakan bahwa kalau mau disayangi oleh alam kita harus lebih menyayangi alam itu, makanya alam ini kita harus muliakan. Alam ini di muliakan tentu dengan segala upaya yang sudah lakukan, termasuk bagaimana dengan alam ini dan masyarakat bisa disejahterakan,” jelasnya. 

Sementara itu, Jendral Maneger Geopark Maros Pangkep, Dedi Irfan mengaku, mendapatkan support penuh dari Gubernur Sulsel terkait usulannya Geopark Maros Pangkep menuju UNESCO. 

“Jadi arahan dari pak Gubernur setelah pertemuan ini kami dari badan pengelola Geopark Maros Pangkep meminta arahan beliau terkait pengajuan Geopark Maros Pangkep yang sekarang berstatus nasional untuk menuju ke UNESCO,” urainya. 

Dedi berharap, Geopark Maros Pangkep ini bisa segera dijadikan pariwisata dunia. “Saya kira target kita adalah bagaimana kemudian Geopark Maros Pangkep ini bisa di terima sebagai bagian dari Geopark Global eksport. Mudah-mudahan tahun depan akan ada prosas asesmen,” harapnya. 

Meski demikian, Geopark Maros Pangkep juga harus disokong dengan pembangunan infrastruktur yang mendukung sebagai kawasan wisata dunia. 

“Tapi tentu ada pembenahan yang akan kita lakukan terkait infrastruktur di dalam kawasan, kemudian informasi-informasi terkait geopark Maros Pangkep itu sendiri, secara sosialisasi maupun di media. Saya kira itu poinnya dan Pak Gubernur memberikan support penuh terhadap Geopark Maros Pangkep menuju UNESCO,” tutupnya.(rls)

Comment