Pesawat Komersil Mulai Lakukan Pendaratan di Bandara Toraja

MEDIAWARTA.COM, TANA TORAJA – Usai dilakukan uji coba lintasan dengan pesawat jenis kalibrasi Hawker 900 XP milik Kementerian Perhubungan pekan lalu. Kini maskapai komersil mulai melakukan pendaratan di Toraja Airport, bandara yang terletak di Mangkengdek, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Kamis (20/8/2020) siang.

Pesawat komersil pertama yang melakukan pendaratan perdana merupakan pesawat jenis Wings Air ATR/72-600 milik perusahaan Lion Air Group.

Wings Air ATR/72-600 ini diawaki Capt Isana Noor Ardi, Capt Petrus Dedi, beserta 4 crew cabin dengan membawa penumpang 11 orang diantaranya Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara dan Area Manajer Wings Makassar, Rony Paslah.

“Ada surat dari manajemen Wings Air (Lion Air Group) tentang pemberitahuan Proving Flight di Bandara Toraja,” ujar Kepala Bandara Pongtiku, Petrus Rentilinggi mengkonfirmasi pendaratan perdana maskapai komersil.

Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara menjelaskan selama perjalanan dari Bandara Hasanuddin Makassar ke Bandara Toraja Mangkengdek dilalui dengan aman.

“Kondisinya baik, pendaratan mulus, dan waktu tempuh 45 menit,” kata Victor D Batara.

Selanjutnya ia menerangkan Bandara Toraja nantinya mulai beroperasi pada akhir Agustus mendatang. “Penerbangan perdana akan dimulai tanggal 28 Agustus setiap hari Selasa, Rabu, Jumat dan hari Minggu,” tutupnya.

Sebelumnya, Gubernur Sulawesi Selatan Prof HM Nurdin Abdullah menuturkan dengan adanya bandara tersebut, ia berharap akan mendorong peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara maupun domestik yang ke Sulawesi Selatan khususnya Toraja. 

“Harapan kita tentu dengan adanya bandara ini akan semakin meningkatkan kunjungan wisata ke Toraja, tidak lagi harus melalui darat dengan waktu tempuh 8 hingga 9 jam. Kita berharap pusat memaksimalkan landasan pacu sejauh 2.600 meter,” pungkasnya.(rls)

Comment