SEMANGAT HUT RI KE-75 MENGGEMA HINGGA PESISIR TIMUR AFRIKA, TANZANIA

MEDIAWARTA.COM, TANZANIA – Bagi para perantau Indonesia di luar negeri, momen perayaan Hari Kemerdekaan RI tentunya menjadi salah satu momen spesial tiap tahun yang dapat mengobati rasa rindu terhadap tanah air. Para WNI yang bermukim di Dar es Salaam, Tanzania, Afrika Timur, tidak menjadi pengeculian. Hal tersebut terlihat dalam Perayaan HUT RI ke-75 yang diselenggarakan oleh KBRI Dar es Salaam yang terakreditasi untuk Tanzania, Burundi, Rwanda, dan Uni Komoro.

Pada tanggal 20 Juli 2020, Presiden Tanzania John Pombe Magufuli telah mendeklarasikan Tanzania bebas dari COVID-19. Melalui pemantauan secara langsung KBRI Dar es Salaam, kasus COVID-19 di pusat-pusat kesehatan di Tanzanai juga sudah jarang ditemukan. Oleh karenanya, KBRI Dar es Salaam tetap menyelenggarakan program perayaan HUT RI pada tahun ini. Namun demikian, seluruh program perayaan dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan antara lain physical distancing serta sanitasi diri. Rangkaian perayaan dimulai pada tanggal 15 Agustus 2020 melalui penyelenggaraan pertandingan khas hari kemerdekaan untuk menyemarakkan suasana.

Sebagai puncak kegiatan, pada tanggal 17 Agustus 2020 KBRI Dar es Salaam telah menyelenggarakan Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI bertempat di Wisma Duta Besar RI, yang dihadiri oleh komunitas WNI yang berada di Dar es Salaam, serta sejumlah Friends of Indonesia, termasuk para pelajar Tanzania yang mengikuti kursus Bahasa Indonesia yang diselenggarakan oleh KBRI Dar es Salaam, bekerja sama dengan Mozambique-Tanzania Centre for Foreign Relations (CFR). Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng, acara kesenian, pemutaran kaleidoskop 3 tahun masa dinas Dubes RI, pemberian sertifikat kepada para peserta kursus Bahasa Indonesia, pembagian hadiah pertandingan, dan ramah-tamah. 

Dalam acara pertunjukan seni, sejumlah WNI turut berpartisipasi meramaikan acara dengan menampilkan tarian Nusantara. Selain itu, para pelajar kursus Bahasa Indonesia di Dar es Salaam juga turut meramaikan pertunjukan seni dengan menyanyikan lagu “Manuk Dadali”.

Dalam sambutannya, Dubes RI Dar es Salaam Prof. Dr. Ratlan Pardede menyampaikan harapannya agar situasi pandemi di Indonesia dapat segera berlalu dan agar seluruh masyarakat Indonesia dapat berada dalam kondisi sehat selalu. Selanjutnya, Dubes RI menyampaikan bahwa Indonesia telah mencapai umur kematangan (maturity) serta sudah banyak hasil pembangunan yang dapat dirasakan oleh rakyat Indonesia, antara lain di sektor infrastruktur dan kesejahteraan sosial. Guna mendukung program pembangunan nasional, salah satu program KBRI Dar es Salaam terus berupaya untuk meningkatkan nilai ekspor Indonesia ke negara akreditasi, sejalan dengan pesan perayaan HUT-RI ke-75 “Bangga Buatan Indonesia”. Saat ini, berdasarkan pengamatan KBRI Dar es Salaam, sebanyak 52 produk Indonesia telah memasuki pasar Tanzania, dan diharapkan akan terus meningkat ke depannya.

“Sebagai sesama WNI, saya mengajak teman-teman semua untuk lebih mengutamakan produk-produk Indonesia. Bangga dan cintai produk Indonesia.“ Demikian dorongan Dubes RI Dar es Salaam.

Selain itu Dubes RI juga menyampaikan sejumlah capaian investasi Indonesia di Tanzania, yaitu antara lain pembangunan Liquid Port Terminal di Zanzibar oleh PT. WIKA, pabrik minyak cengkeh oleh PT. Indesso , pabrik sabun dan body lotion, serta pengolahan rumput laut. 

Selain itu, dalam kegiatan tersebut turut diputarkan video ucapan selamat hari kemerdekaan oleh sejumlah mahasiswa Tanzania dan Rwanda penerima beasiswa RI yang saat ini tengah menempuh studi lanjutan di Indonesia.

Rangkaian perayaan hari kemerdekaan RI ini merupakan bagian dari program pembinaan dan pemberdayaan WNI di negara akreditasi serta peningkatan hubungan antar masyarakat RI dan Tanzania. KBRI Dar es Salaam akan terus berupaya untuk memelihara people to people connection guna mendukung upaya peningkatan hubungan ekonomi RI dan negara akreditasi.(rls)

Comment