Terus Berinovasi, Pemprov Sulsel Hadirkan Aplikasi Baruga Sikola

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan meluncurkan aplikasi belajar gratis pertama di Indonesia. Program gratis dari Disdik Sulsel ini diberi nama Baruga Sikola dan sudah tersedia di jejaring aplikasi Android (Play Store) ini merupakan pilihan tepat bagi siswa dan siswi, sebagai wadah pembelajaran online dimasa pandemi Covid-19 ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Dr H Basri menjelaskan, bahwa aplikasi Baruga Sikola menjadi alternatif di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Ini aplikasi gratis dan bisa digunakan mulai siswa SD, SMP, SMA dan SMK. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini,” ungkap H Basri, saat dihubungi melalui WhatsAppnya, Jumat malam, 7 Agustus 2020.

Menurut dia, kehadiran Baruga Sikola diharapkan dapat membantu kita semua untuk mengembangkan pendidikan di daerah masing-masing.
Ia juga berharap, para kepala Kantor Cabang Dinas (Kacabdis) pendidikan dapat menangkap peluang emas ini dengan baik, dan segera melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah yang ada di wilayah masing-masing.
Lebih lanjut ia menjelaskan, saatnya mencari pola pembelajaran yang ideal di tengah pandemi covid-19. Dan pola pembelajaran yang ideal itu, menurutnya, adalah pembelajaran adaptif serta menyenangkan.
Ia mengakui, saat ini anak-anak kita sudah jenuh dan bosan dengan belajar jarak jauh dengan daring, dan memang perlu ada adaptasi. Dalam pembelajaran daring, katanya, harus selalu ada hal-hal baru dan tidak harus sama metode pembelajaran yang diterapkan guru.
“Metode pembelajaran daring di Makassar dengan di Kabupaten Pangkep tidak harus sama. Pasti berbeda, sesuai dengan kondisi alam dan kondisi siswa,” jelasnya.

Sebelumnya, Para Kacabdis Pendidikan Wilayah I-XII sudah mengikuti sosialisasi aplikasi pendidikan Baruga Sikola di ruang rapat Prof Ahmad Amiruddin, Kantor Disdik Sulsel, Jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar, Kamis, 6 Agustus, 2020.

Diketahui, hadir Kacabdis Dinas Pendidikan Wilayah I hingga XII, antara lain; Dra. Hj. Bagyang, MM, Kacabdis Wil I, Dra. Suryani A. Rasuly, MPd, Kacabdis Wil III, Drs. Syamsul Alam, MPd, Kacabdis Wil IV, Drs. H. Muhammad Yusri, MM, Kacabdis Wil V, Bustanul Arifin , SH, Kacabdis Wil VI, diwakili Kasi SMA, Drs. Muh. Hatta, M.Pub, Kacabdis Wil VII, Drs. Syaiful Amsi, MM, Kacabdis Wil VIII, Fitri Ari Utami, S.IP, MH, Kacabdis Wil IX, HM. Syarkawi Ramli, SE.MM, Kacabdis Wil X, Drs. Baharuddin Iskandar, MPd, Kacabdis Wil XI, Tien Suharti, SPd, dan Kacabdis Wil. XII, Drs. Muh. Arfah, MPd.(rls)

Komentar

Check Also

Temui Prof Rudy di Posko Covid-19 Makassar, Nurdin Abdullah Minta Sinergi di Perkuat

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Nurdin Abdullah meminta seluruh struktur Gugus Tugas Percepatan …

Share This
Mediawarta