Tol Layang AP Pettarani – Bandar Udara Toraja di Sulsel Bakal Diresmikan Presiden Jokowi

MEDIAWARTA.COM, TANA TORAJA – Dua proyek Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel yakni Tol Layang AP Pettarani dan Bandara Buntu Kunik Tana Toraja (Toraja Airport) ditargetkan rampung September tahun ini. Jika tak ada halangan, Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo akan hadir meresmikan langsung.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sulsel, Prof Rudy Djamaluddin mengungkapkan, pembangunan tol sepanjang 4,3 kilometer tetap berjalan sesuai target, yakni September. Dibulan tersebut, Presiden Jokowi juga akan bertandang ke Sulsel.

“Dua proyek akan diresmikan oleh Presiden Jokowi. Termasuk Bandara baru Buntu Kunik di Tana Toraja,” ungkapnya, Senin (24/8/2020).

Lanjutnya, saat ini Bandara Buntu Kunik tengah dilakukan uji operasional untuk menguji kesiapan pesawat lepas landas dengan melibatkan beberapa maskapai penerbangan.

Agenda pada September 2020 tersebut, kata dia, diharapkan bisa memberikan manfaat besar bagi percepatan pembangunan di Sulsel. “Saya berharap menjadi dorongan pembangunan infrastruktur dimasa mendatang,” harapnya.

Seperti yang diketahui, Guburnur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah kembali melakukan kunjungan kerja ke Tana Toraja, Senin (24/8/2020). Ia meninjau progres dan kesiapan Bandara Buntu Kunik Toraja untuk melayani penerbangan.

Ia berharap, hadirnya bandara di kabupaten yang menjadi andalan wisata Sulsel ini untuk mendekatkan masyarakat pada pelayanan transportasi. 

Sementara itu, beberapa waktu lalu, orang nomor satu di Sulsel ini juga menegaskan bahwa pengerjaan Jalan Tol Layang A P Pettarani akan berjalan sesuai target. Ikon baru Kota Makassar tersebut akan difungsikan pada September mendatang.

“Target belum bergeser yah, September kita fungsikan. Ini tergolong cepat, padahal lagi pandemic Covid-19 seperti ini,” ungkapnya kepada awak media di Rujab Gubernur beberapa waktu lalu.(rls)

Comment