Prof Rudy Apresiasi Kejari Makassar dalam Validasi UMKM Dapat Bantuan Rp35,2 Triliun

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Penjabat Wali Kota Makasaar, Prof Rudy Djamaluddin menghadiri launching Mitra Kacamatan Binaan di Wliayah Hukum Kejaksaan Negeri Makassar pada Kacamatan Biringkanaya, di Kampung Nelayan Untia, Senin (14/9/2020).

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Makassar, Andi Sundari mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam mendukung program pemerintah dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di tengah kondisi pendemi Covid-19.

Diketahui, pemerintah pusat telah menyiapkan total anggaran subsidi bunga untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebesar Rp35,2 triliun.

“Kejari Makassar akan memvalidasi data-data Koperasi dan UMKM untuk mendapatkan bantuan dana bergulir dari Lembaga Penyaluran Dana Bergulir (LPDB) maupun dari badan perbankan dalam mendukung program pemerintah terkait PEN,” kata Andi Sundari dalam sambutannya.

Tak hanya itu, Kejari Makassar memberikan pembinaan dalam program pemulihan ekonomi nasional dengan melaksanakan kegiatan yang sifatnya penyuluhan dan penerangan hukum sebagai upaya pencegahan terjadinya pelanggaran hukum. Kejari Makasaar juga membantu mencari mitra untuk memberikan dukungan kepada UMKM dan memberikan pelatihan pembinaan.

“Selain itu kami juga membantu memasarkan produk mereka dengan menyediakan stand di kantor Kejari Makassar dan setiap kegiatan yang dilakuakan,” katanya.

Sementara Prof Rudy mengapresiasi kegiatan Kejari Makassar dalam pemulihan ekonomi nasional khususnya di Kota Makassar. Prof Rudy menjelaskan, Covid-19 ini membuat Indonesia menghadapi dua kondisi darurat. Pertama masalah kondidsi kesehatan, kedua kondisi ekonomi.

“Kita harapkan Makassar tidak ada lagi PSBB. PSBB memeng efektif untuk mengendalikan Covid-19 tetapi memukul roda-roda perekonomian kita. Oleh karenanya, kegiatan ini merupakan momentum sangat tepat dan baik di tengah kondisi masyarakat dalam menghadapi pendemi ini,” katanya.

Prof Rudy meyakini, pembinaan UMKM yang dilakukan Kejari Makassar dalam memanfaatkan stimulus-stimulus ekonomi yang disiapkan pemerintah pusat bisa tepat sasaran. Bantuan anggaran-anggaran tersebut dipastikan bisa memulihkan ekonomi nasional secara nyata.

“Memang sasaran sektor ekonomi UMKM dan Koperasi merupakan sektor yang mudah dan cepat memulihkan ekonomi. Karena langsung menyentuh rakyat-rakyat kita yang memang sudah banyak terpukul karena pendemi ini,” pungkasnya.(rls)

Komentar

Check Also

Temui Prof Rudy di Posko Covid-19 Makassar, Nurdin Abdullah Minta Sinergi di Perkuat

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Nurdin Abdullah meminta seluruh struktur Gugus Tugas Percepatan …

Share This
Mediawarta