Bersama Potensi, Basarnas Makassar Latihan Evakuasi Kapal Tenggelam di Perairan Samalona

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Makassar gelar latihan SAR daerah bersama DitPolair, KKP Makassar, VTS Makassar dan lembaga mahasiswa dengan operasi penyelamatan korban Kapa KM samudra Nusntara di Perairan Samalona, Kamis (15/10/2020).

Kepala Kantor SAR Makassar, Mustari menyebutkan dalam latihan tersebut proses evakuasi kapal terbakar dengan korban berjumlah 10 orang dan melibatkan 15 personel yang terbagi dua SRU.

“Tim SAR berhasil mengevakuasi tujuh orang korban ke dermaga Petikemas Pelindo IV. Dua diantaranya meninggal dunia dan seorang dievakuasi langsung oleh keluarga korban di Pulau Lae-Lae,” terang Mustari.

Ia menjelaskan, keseluruhan korban berhasil dievakuasi diberi tindakan medis lanjutan oleh tim yang berada di posko di dermaga Petikemas Pelindo.

Ditanyai terkait kendala dalam proses evakuasi, Mustari menuturkan yakni kondisi gelombang di perairan Samalona yang cukup tinggi.

Sementara itu, Direktur Operasi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Brigjen TNI Marinir, Rasman yang turut hadir langsung pada giat tersebut menambahkan, jika latihan SAR daerah ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan personel dan alut yang dimiliki Basarnas tentunya.

“Personel ini, tentu dari berbagai potensi, baik dari kepolisiaan hingga lembaga kemahasiswaan. Sehingga selain sebagai bentuk edukasi, juga untuk menjalin sinergitas semua unsur tentunya.

Selain itu, sambung Rusman, pelatihan ini adalah program tahunan Basarnas.

“Latihan SAR daerah ini sudah tercatat dianggaran tahunan, sehingga mutlak untuk dilaksanakan. Dan tentu kami berharap, giat ini memberikan manfaat yang baik untuk pelayanan pertolongan yang maksimal,” kuncinya.(Komang Ayu)

Comment