Gairahkan Sektor Transportasi, Bank Mandiri Konsisten Salurkan Kredit PEN

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Bank Mandiri menegaskan komitmen dalam mendukung agenda Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dari dampak Coronavirus. Kali ini, Bank Mandiri menyiapkan fasilitas pembiayaan kredit produktif program PEN kepada Supplier/Vendor PT Pelabuhan Indonesia (PELINDO) IV dan memberikan layanan perbankan untuk menunjang
operasional PELINDO IV.

Fasilitas ini merupakan pinjaman untuk membiayai pengerjaan proyek yang diterima dari PELINDO IV agar dapat diselesaikan sesuai komitmen, khususnya pada masa pandemi COVID-19 ini. Adapun plafon pinjaman yang diberikan untuk supplier/vendor adalah sebesar Rp350 Miliar.

Selain fasilitas untuk Supplier/Vendor, Bank Mandiri bersama perusahaan anak juga
berkomitmen untuk berkolaborasi dalam rangka penyediaan produk dan jasa keuangan kepada PELINDO IV. Layanan keuangan tersebut antara lain transaction banking, asuransi,serta pembiayaan retail bagi karyawan.

Adapun perjanjian kerjasama pembiayaan ditandatangani oleh Direktur Keuangan PELINDO IV Choirul Anwar dan Direktur Bisnis & Jaringan Bank Mandiri Aquarius Rudianto, sedangkan MoU pemanfatan layanan keuangan ditandatangani oleh Direktur Utama PELINDO IV Prasetyadi dan Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Alexandra Askandar serta disaksikan Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Hery Gunardi secara virtual sesuai protokol kesehatan di Jakarta dan Makassar secara bersamaan pada Senin (19/10).

“Sejalan dengan visi Bank Mandiri menjadi mitra finansial utama pilihan nasabah, Kami
berharap fasilitas ini dapat mendukung pelaksanaan proyek-proyek strategis PELINDO IV agar dapat selesai sesuai target sekaligus memperkuat likuiditas para supplier/vendor PELINDO IV dalam pengembangan usaha,” kata Hery.

Di samping pembiayaan produktif, dia menambahkan, pihaknya juga siap mendukung supplier/vendor melalui layanan transaksional yang dapat meningkatkan efisiensi.

Saat ini, pihaknya terus meningkatkan penyalurkan pembiayaan value chain yang dikelola oleh segmen usaha kecil dan menengah kepada jejaring bisnis nasabah segmenCorporate Banking. Hasilnya, Bank Mandiri telah menyalurkan kredit program PEN kepada nasabah segmen usaha kecil dan menengah hingga sebesar Rp13,2 triliun kepada lebih dari 3 ribu debitur per 16 Oktober 2020.

Nilai penyaluran tersebut setara dengan 29% dari total penyaluran kredit program PEN Bank Mandiri yang telah mencapai Rp45,4 triliun kepada lebih dari 157 ribu debitur.

“Bank Mandiri akan sangat siap untuk berkolaborasi berbagai korporasi untuk mensukseskan program PEN, mengingat program ini dapat menjadi solusi permodalan bagi pelaku usaha yang terdampak pandemi covid-19, agar roda perekonomian dapat terus berjalan,” tambah Hery.(Komang Ayu)

Comment