Menjaga Kesehatan Kulit Dengan Sejuta Manfaat Kedelai

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Kedelai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu, kedelai juga memiliki khasiat kecantikan yang cukup lengkap. Isoflavon di dalam kedelai memiliki kemampuan untuk menjadikan kulit terlihat lebih muda. Sementara vitamin E yang terdapat di dalam lipid kedelai dapat membantu kulit meregenerasi jaringan yang rusak.

Kedelai merupakan salah satu dari lima protein nabati utama di China. Dengan 36,5 persen protein, 19,9 persen lemak, 9,3 persen serat, dan isoflavon di dalamnya, kedelai menjadi alternatif makanan yang banyak dinikmati.

Berbagai kandungan sehat yang ada di dalamnya membuat kedelai kerap menjadi komponen diet tradisional di Asia selama ribuan tahun.

Produk pembersih kulit dan lotion biasanya mengandung kedelai karena sifatnya yang melembapkan. Kedelai mengandung vitamin E yang penting untuk kesehatan kulit. Konsumsi fitoestrogen yang ada di dalam kedelai dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak estrogen, sehingga meminimalkan risiko munculnya keriput dan garis-garis halus.

Konsumsi kedelai dapat membantu memperkuat kuku yang rapuh. Konsumsi kedelai dalam bentuk tahu, susu kedelai, dan tempe akan menjadikan kuku tidak mudah patah.

Selain itu, Kedelai memiliki manfaat dalam mengobati kerontokan rambut, terutama bagi pria. Menurut sebuah studi di tahun 2004 yang dipimpin oleh Trent D. Lund dari University of Colorado, kedelai adalah anti-androgen. Ini berarti kedelai dapat menetralkan efek hormon berlebih pada pria.

Kelebihan hormon pada pria dapat menyebabkan rambut rontok dan pertumbuhan rambut yang abnormal. Kedelai juga dapat membantu menghaluskan batang rambut.

Sementara itu, Dr. Rimbawan, pakar gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB)mengungkapkan bahwa sesungguhnya kedelai memiliki kandungan karbohidrat, serat, lemak, asam lemak, hingga protein.

“Salah satunya diyakini dapat menjaga kesehatan kulit, saat ini banyak sekali mitos yang tersebar di masyarakat, seperti kedelai dapat memicu timbulnya Jerawat pada wajah, padahal beberapa jenis kacang-kacangan seperti kacang almond dan kacang mete juga mengandung asam oksalat yang baik untuk merawat kulit dan mencegah jerawat.” Ungkapnya

Kacang Kedelai pun, Tambahnya kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk kecantikan kulit. Kandungan omega-3 dari kacang kedelai telah terbukti mampu melawan imflamasi di tubuh. Mencegah kulit kering dan membuat kulit tampak awet muda.

“Untuk itu, mengkonsumsi fermented soymilk (FSM) setiap hari, dapat meningkatkan absorpsi isoflavon, dimana secara statistik dapat menurunkan kerutan kulit dengan rata-rata penurunan hingga 10%, dan dapat meningkatkan sintesa kolagen.” Jelas Rimbawan. (Komang Ayu)

Komentar

Check Also

Fatigon Promuno Pelopor Imunomodulator Herbal Asli Indonesia

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA – Dalam rangka mendukung pemerintah Indonesia untuk percepatan penanganan Covid-19, Kalbe meluncurkan inovasi …

Share This
Mediawarta