OYO Perkuat Operasional di Skala Lokal

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA – Bulan Oktober tahun 2020 menjadi waktu yang istimewa bagi OYO Indonesia. Pasalnya, jaringan akomodasi terdepan di Indonesia ini merayakan hari jadinya yang kedua setelah resmi beroperasi di Indonesia sejak 2018. Tercatat, OYO telah membukukan lebih dari 5,5 juta pemesanan selama tahun keduanya beroperasi, dan membuka lebih dari 20 ribu lapangan pekerjaan di bidang hospitality.

Bertepatan dengan momen spesial tersebut, OYO Indonesia secara resmi memperkenalkan Country Head baru, Agus Hartono Wijaya. Penunjukkan ini sekaligus memperkuat komitmen OYO dalam menggunakan pendekatan lokal (hyperlocal) di seluruh wilayah operasional bisnisnya. Agus sendiri sebelumnya telah berkarir di OYO Indonesia sebagai Country Business Development Head selama hampir dua tahun sebelum akhirnya didapuk sebagai Country Head Indonesia, menggantikan Eko Bramantyo yang sebelumnya menjabat. 

“Selama kurang lebih 2 tahun berkiprah di industri hospitality Indonesia, OYO telah berhasil mencapai lebih dari 3.000 properti dan 45.000 kamar yang tersebar di lebih dari 150 kota di  penjuru Indonesia. Ucapan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kami sampaikan kepada 3,3 juta tamu setia OYO Indonesia, mitra-mitra OYO, juga para OYOpreneurs atas kepercayaannya sehingga OYO mampu tumbuh sebagai akomodasi favorit di Indonesia. Menandai tahun kedua ini, kami akan terus menyempurnakan seluruh ekosistem kami sehingga dapat menghadirkan pelayanan lebih baik dan inovatif bagi para tamu, serta memberikan nilai tambah serta hasil yang terbaik bagi mitra pemilik aset dan karyawan kami,” ungkap Agus Hartono Wijaya, Country Head OYO Indonesia.

Turut memberikan apresiasi dan ucapan selamat atas 2 tahun kehadiran OYO di Indonesia, Wakil Ketua Komisi X DPR-RI, Dede Yusuf, S.T, M,IPol. mengatakan, “Sistem budget accommodation yang digunakan OYO dengan konsep modern, bersih dan aman telah membantu pergerakan sektor wisata selama kehadirannya di Indonesia dua tahun terakhir ini. Kebetulan saya secara pribadi juga bekerjasama dengan OYO, dan ada peningkatan 20-30% pendapatan dalam 3 bulan terakhir setelah sebelumnya turun 80% karena pandemi. Kedepannya, pemerintah setempat juga tengah merencanakan wellness tourism dan sport tourism untuk mendorong pertumbuhan turis domestik maupun internasional di Indonesia. Tentu saja, kita harus mempersiapkan dan melengkapi added value berupa rasa aman dan nyaman untuk para turis tersebut.” tambah Dede.

Fadjar Hutomo selaku Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga melihat tingginya potensi segmen hotel budget di Indonesia. “Segmen budget memiliki opportunity yang sangat besar. Dalam situasi seperti ini, protokol kesehatan dan inovasi adalah kuncinya.”, ungkap Fadjar.

Meski pandemi yang terjadi di tahun 2020 turut menekan Industri hospitality secara signifikan, OYO dengan teknologi sebagai DNAnya mampu merespon dengan memperkuat operasional di skala lokal, serta memberikan pengalaman menginap lebih aman, seamless, dan contactless. Komitmen ini diwujudkan melalui beberapa inisiatif seperti Sanitized Stay; termasuk fitur check-in dan check-out tanpa sentuhan, serta integrasi e-wallet OVO dan Go-Pay di aplikasi OYO; yang memastikan penerapan  protokol kesehatan dan keselamatan dalam operasional hotel secara komprehensif mulai dari proses check-in hingga check-out.

Sementara dari sisi inovasi produk, OYO juga telah meluncurkan brand Kopi Cinta sebagai lini bisnis hospitality baru OYO di luar akomodasi, serta berkolaborasi dengan Simas Insurance dan Qoala untuk menghadirkan proteksi asuransi bagi para tamu yang menginap di hotel OYO. Berbagai peningkatan layanan dan inovasi produk tersebut sejalan komitmen OYO untuk terus memberikan rasa aman dan tenang bagi konsumen, serta membantu bisnis mitra hotel untuk dapat terus berjalan di tengah pandemi. 

Selain peningkatan dari sisi produk dan pelayanan, OYO juga aktif berpartisipasi dalam upaya penanggulangan pandemi COVID-19 di Indonesia, mulai dari alokasi dana sebesar sebesar US$200.000 (2,7 miliar rupiah) untuk membantu para mitra pemilik aset di Asia Tenggara, hingga kolaborasi dengan Habitat of Humanity Indonesia untuk mengalokasikan kamar di hotel OYO bagi para pejuang kesehatan, termasuk dokter, perawat, dan petugas medis lainnya di Indonesia.

“Pandemi ini menjadi momentum bagi kami untuk mengevaluasi seluruh operasional bisnis kami, sekaligus menghadirkan berbagai inovasi. Tidak hanya demi keberlangsungan bisnis kita bersama, namun juga untuk seluruh pihak yang membutuhkan. Kami tetap optimis bahwa bersama-sama, OYO  OYO bersama para mitra kami dan para OYOpreneur, kami dapat memberikan pelayanan terbaik bagi para tamu di tanah air,” tutup Agus.

Program Spesial Anniversary untuk Apresiasi Dukungan Masyarakat kepada OYO

Masih dalam rangka perayaan ulang tahunnya yang kedua, OYO juga turut menghadirkan program spesial untuk jutaan pelanggan setianya di Indonesia sebagai bentuk apresiasi atas kepercayaannya kepada OYO selama ini. Beberapa program tersebut diantaranya adalah Birthday Giveaway, Promo Referral berhadiah saldo OVO Cash dan Kamar 88K, serta kontes #2TahunOYO di Instagram

  • Untuk Birthday Giveaway, para pelanggan dapat menggunakan kode voucher 2THNOYOID saat melakukan pemesanan hotel melalui Aplikasi OYO dan memiliki kesempatan untuk memenangkan hadiah berupa Sepeda Brompton atau Xiaomi Redmi A7.
  • Untuk program Referral, pelanggan dapat menggunakan kode referral unik mereka kepada teman atau kerabat, untuk berpeluang mendapatkan kamar hotel OYO seharga Rp 88.000 serta saldo OVO Cash sebesar 7 juta rupiah per hari, selama periode promo berlangsung.
  • Pada ulang tahun yang ke-2, OYO juga akan membuat kontes di media sosial Instagram yang bertemakan momen terbaik saat merayakan 2nd anniversary bersama orang tercinta. Cerita yang dipost di Instagram dengan hashtag #2TahunOYO, kemudian akan dilombakan, dan 10 pemenang yang beruntung akan mendapatkan 2 malam menginap gratis. Sementara 2 pemenang dengan jumlah likes terbanyak di postingannya akan mendapatkan masing-masing Xiaomi Redmi 8A.

Tidak hanya program-program untuk konsumen, OYO juga turut melakukan program tanggung jawab sosial perusahaan yang bertujuan untuk membantu sesama di kondisi sulit seperti saat ini. OYO telah berkolaborasi dengan Benih Baik untuk membantu menyediakan alat komunikasi dan kuota internet untuk kegiatan belajar daring bagi anak-anak dari karyawan mitra OYO yang terdampak, juga pendampingan psikologis bagi penyintas COVID-19. Selain itu, OYO juga berkolaborasi dengan lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk menyediakan sebuah food truck yang akan menyediakan 1.000 porsi makanan bagi tenaga medis di Rumah Sakit Tarakan dan pemberian paket makanan pada 100 kepala keluarga di wilayah membutuhkan di daerah Menteng, Jakarta Pusat. Untuk memperluas jangkauan program ini, OYO juga mengadakan kegiatan bakti sosial ke beberapa yayasan panti asuhan di 10 daerah tempat OYO beroperasi di Indonesia, yaitu Jakarta, Yogyakarta, Denpasar, Surabaya, Malang, Palembang, Bandung, Banjarmasin, Padang, dan Palembang.(rls)

Comment