Program Rumah Tanpa DP ala DILAN Sasar Masyarakat Ekonomi ke Bawah

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar nomor urut 3, Syamsu Rizal-Fadli Ananda (DILAN), mencanangkan program terbarunya yakni Rumah Tanpa Down Payment (DP). Program itu menarik ditunggu lantaran pemenuhan kebutuhan rumah menjadi salah satu problematika klasik di ibukota provinsi Sulawesi Selatan.

Deng Ical-sapaan akrab Syamsu Rizal, mengungkapkan program Rumah Tanpa DP digagas pihaknya merujuk dari aspirasi warga dan fenomena di lapangan. Diketahui, tidak sedikit warga Kota Makassar, khususnya kalangan ekonomi menengah ke bawah yang tidak memiliki rumah, meski bekerja sudah puluhan tahun.

Kata dia, persoalannya tidak jarang terjadi karena pihak pengembang perumahan yang mematok DP yang tinggi. Olehnya itu, bila kelak terpilih, DILAN akan menggandeng pihak pengembang untuk membangun perumahan dengan harga yang terjangkau dan yang paling penting adalah tanpa perlu membayar uang panjar alias DP.

“Program Rumah Tanpa DP akan fokus menyasar masyarakat ekonomi ke bawah. Pencanangan program ini merupakan wujud komitmen DILAN ingin menekan kesenjangan dan mewujudkan masyarakat Kota Makassar yang bahagia,” ujar dia, Kamis (19/11).

Program Rumah Tanpa DP sendiri bagian dari program besar DILAN Bahagia. Pasangan usungan PDIP, Hanura dan PKB itu diketahui memiliki sembilan program besar dalam mewujudkan visi Makassar Kota Sombere’. Selain DILAN Bahagia, juga ada DILAN Berbagi, DILAN-tik, DILAN Cepat dan masih banyak lagi.

Lebih jauh, pria dengan julukan Sombere’na Makassar itu menegaskan program Rumah Tanpa DP tidaklah muluk-muluk. Program itu sangat realistis dan mudah direalisasikan, selama ada komitmen dari pemerintah. Lagi pula, sebenarnya sejumlah pengembang terkadang memang ada yang memang menawarkan rumah tanpa DP.

“Insya Allah, program Rumah Tanpa DP dapat direalisasikan sehingga cita-cita kita mewujudkan masyarakat yang bahagia dapat terwujud. Pihak swasta pasti banyak yang mau untuk bekerja sama,” ucapnya.

Adapun program Rumah Tanpa DP, lanjut Deng Ical, juga akan dikembangkan tidak hanya untuk masyarakat ekonomi ke bawah. Program itu juga akan menyasar ASN dan tenaga kontrak yang belum memiliki hunian. “Kita akan fasilitasi perumahan pegawai pemkot tanpa DP untuk ASN dan tenaga kontrak,” tutup dia.(rls)

Comment