Libur Panjang Natal, Konsumsi Pertamax Naik Hingga 46%

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Pada Masa Libur Natal tahun ini, konsumsi BBM berkualitas Pertamina mengalami peningkatan yang signifikan di wilayah Sulawesi. Berdasarkan data internal Pertamina, masyarakat Sulawesi banyak memilih untuk menggunakan BBM berkualitas Pertamina beroktan tinggi. Peningkatan tersebut terjadi pada BBM jenis Pertamax yang tembus diangka 46% pada 23 Desember dan sebesar 40% pada 24 Desember dibandingkan konsumsi normal harian.

Unit Manager Comm, Rel, & CSR MOR VII, Laode Syarifuddin Mursali mengatakan bahwa tingginya kebutuhan pemudik pada BBM berkualitas dan ramah lingkungan ini merupakan fenomena menarik. “Pada libur panjang Natal ini, selain konsumsi Pertamax di Sulawesi yang meningkat dibandingkan konsumsi normal harian, pada H-1 Perayaan Natal (24/12), peningkatan konsumsi juga terjadi pada BBM jenis Pertalite sebesar 31%, Pertamax Turbo naik di atas 5% dan Dexlite naik signifikan hingga tembus di atas 70%,”ujarnya.

Selain itu, Laode menjelaskan beberapa titik wisata di Sulawesi mengalami peningkatan konsumsi yang signifikan untuk produk BBM Berkualitas. “Di Toraja konsumsi Pertamax mengalami peningkatan signifikan hingga naik 72% dibandingkan normal, bahkan di Sulawesi Utara yang banyak juga destinasi wisatanya, konsumsi Pertamax naik diatas normal selama masa libur natal dari tanggal 23 – 25 Desember yang sampai tembus kenaikan konsumsi hingga 94% atau hampir 2x lipat dari konsumsi harian biasanya,” tambahnya.

Perjalanan Jauh, Masyarakat Lebih Pilih BBM Berkualitas

Lebih lanjut Laode menambahkan bahwa tren ini menunjukkan bahwa para pengendara semakin meyakini bahwa kenyamanan bepergian untuk mudik ke kampung halaman ataupun berlibur bersama keluarga yang menempuh penjalanan jauh mensyaratkan kendaraan yang prima. Pertamax Turbo dengan Research Octane Number (RON) 98 dan Pertamax dengan RON 92 untuk kendaraan mesin bensin, serta Pertamina Dex dengan Cetane Number (CN) 53 untuk kendaraan mesin diesel akan menjamin pembakaran mesin kendaraan pemudik akan lebih sempurna dan maksimal.

“Penggunaan Pertamax Series dan Dex Series cocok untuk perjalanan jauh karena keunggulannya mesin menjadi lebih dingin, irit bahan bakar (efisiensi), keawetan mesin, dan meningkatkan perfoma mesin serta ramah lingkungan,”terangnya.

Maulana salah satu pelanggaan yang ditemui di SPBU 7491802 Jl. Poros Makale Rantepao Kab.Toraja mengatakan untuk perjalanan jauh ia memilih Pertamax dikarenakan mesin menjadi lebih dingin bahkan lebih irit. “Untuk perjalanan jauh saya pakai Pertamax, rasanya lebih bertenaga dan irit jadi kami tidak khawatir selama di perjalanan. Alhamdulillah mobil freed saya ini belum ada kendala berarti selama memakai Pertamax,” ujarnya. Hal Senada juga diungkapkan Adi Putra Mokoginta, salah satu konsumen yang ditemui setelah mengisi Pertamax ke mobil Toyota Agya di SPBU 7195103 Jl Piere Tandean, Kota Manado, ia bahkan menganjurkan masyarakat lain yang hendak melakukan perjalanan jauh menggunakan Pertamax untuk performa mesin lebih maksimal. “Saya anjurkan untuk mengisi Pertamax, karna mobil semakin irit dan tarikan semakin enteng,” ungkap pria yang juga ketua komunitas Toyota Agya Club Manado ini.

Kesiapsiagaan Pertamina di Libur Natal dan Tahun Baru

Pada masa Libur Natal dan Tahun Baru, Pertamina Regional Sulawesi sejak awal Desember hingga pertengahan Januari menyiagakan seluruh SPBU yang berada di jalur utama mudik dan wisata dan memperkuat pelayanan penyaluran BBM selama masa libur Natal dan Tahun Baru dengan menyiagakan 1 unit Mobile Dispenser di Makassar, 7 titik SPBU Kantong di daerah Toraja dan menyiagakan Motor Kemasan (PDS) sebanyak 22 titik yang tersebar di Sulawesi.

Sampai dengan 31 Desember 2020, masyarakat pun mendapatkan potongan harga bensin lebih hemat Rp250 per liter dengan menggunakan aplikasi My Pertamina untuk pembelian Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex dan Dexlite.

Apabila masyarakat memerlukan informasi terkait produk Pertamina ataupun membutuhkan pemesanan produk BBM, LPG dan Pelumas Pertamina, Pertamina membuka layanan pelanggan melalui Pertamina Call Center 135.

Comment