BRI Kanwil Makassar Dukung PEN Melalui Penyaluran KUR

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melalui Kanwil BRI Makassar memberikan dukungan terhadap pemulihan ekonomi nasional (PEN) melalui penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) senilai Rp12,02 triliun di kuartal IV 2020.

“Jumlah ini setara dari 73,02 persen dari kuota yang ditetapkan Kantor Pusat BRI untuk Kanwil Makassar yakni sebesar Rp12,2 triliun atau secara kontribusi 8,4 persen dari kuota BRI nasional sebesar Rp140,2 triliun,” kata Pemimpin Wilayah BRI Makassar Mohamad Fikri Satriawan di Makassar.

Menurut dia, melalui penyaluran KUR ini Kanwil BRI Makassar juga secara konsisten terus mengakselerasi penyalurannya guna mendukung pemerintah dalam rangka percepatan PEN, apalagi Bank BRI didukung dengan jumlah unit kerja yang tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia, sehingga memudahkan masyarakat menjangkau akses keuangan.

Upaya dalam mendukung PEN itu, salah satunya melalui penyaluran KUR super mikro ditujukan untuk masyarakat yang belum pernah mendapatkan KUR dan tidak sedang menikmati pinjaman komersial dan Ibu rumah tangga yang memiliki usaha dengan plafond maksimal Rp10 juta untuk setiap penerima KUR.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kakanwil BRI Makassar optimistis dapat menyalurkan seluruh kuota KUR Kanwil Makassar yang meliputi wilayah kerja Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara dan Maluku di Tahun 2021.

Dia mengatakan, sejalan dengan pemberdayaan UMKM, Bank BRI juga berupaya agar pencairan KUR terlaksana dalam tempo singkat dan tepat sasaran apalagi BRI didukung dengan sistem digitalisasi yang modern.

“Ketepatan ini terbukti dari minimnya rasio non performing loan (NPL) KUR Kanwil BRI Makassar sepanjang 2020,” ujarnya.

Sebagai gambaran, pada Desember 2020 rasio NPL KUR BRI Kanwil Makassar hanya sebesar 1,01 persen. Karena itu ke depannya BRI berharap kondisi para pelaku UMKM dapat segera membaik dari imbas atau dampak pandemi COVID-19.

Dukungan BRI Kanwil Makassar dalam Penyaluran KUR diharapkan dapat membantu upaya percepatan pemulihan ekonomi Indonesia untuk menghadapi tantangan kedepannya, apalagi UMKM merupakan tulang punggung perekonomian nasional.(Komang Ayu)

Comment