Perekonomian Sulsel Triwulan IV Mengalami Perbaikan

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Selatan, Budi Hanoto mengemukakan kondisi perekonomian di provinsi setempat sudah menunjukkan perbaikan dari triwulan tiga ke triwulan empat 2020.

“Terkontraksi sebesar mines 0,62 persen secara yoy pada triwulan empat, ini tidak sedalam kontraksi pada triwulan sebelumnya yang tercatat mines 1,10 persen,” ujarnya

Dia menjelaskan perbaikan ekonomi ditopang oleh peningkatan investasi sejalan dengan pembangunan sejumlah proyek pemerintah dan swasta.

“Berlanjutnya proyek strategis nasional untuk mendukung penyediaan infrastruktur konektivitas ikut membantu,” jelasnya.

Selain itu, peningkatan investasi juga didukung oleh perbaikan penyaluran kredit investasi oleh perbankan dan stabilitas sistem keuangan yang terjaga.

Budi menambahkan kinerja ekspor membaik sejalan dengan perbaikan kondisi negara mitra dagang utama.Dilanjutkan kenaikan harga nikel dunia sebagai dampak dari tingginya permintaan industri mobil listrik dan terjaganya produksi lapangan usaha tambang.

“konsumsi rumah tangga tumbuh terkontraksi sejalan dengan pembatasan mobilitas yang kembali diberlakukan dalam upaya menekan lonjakan kasus Covid-19 di akhir tahun,” jelasnya.

Bank sentral memperkirakan ekonomi Sulsel akan melanjutkan perbaikan secara bertahap, sejalan dengan perkembangan vaksinasi serta adaptasi masyarakat dan dunia usaha di era new normal yang semakin baik.

Budi menambahkan penyaluran vaksinasi merupakan game changer bagi ekonomi dan merupakan faktor yang necessary, tetapi tidak sufficient dalam pemulihan ekonomi.

“Dibutuhkan kesadaran dan disiplin protokol kesehatan oleh masyarakat melalui pelaksanaan 5M yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” tutupnya.(Komang Ayu)

Komentar

Check Also

Pertamina Fuel Terminal Parepare Berikan Pelatihan Wirausaha Womanpreneur

MEDIAWARTA.COM, PAREPARE – Ditengah kondisi pandemi COVID-19, perhatian terhadap sektor rill sebagai penggerak roda ekonomi …

Share This
Mediawarta