BI Dorong UMKM Bangkit di Masa Pandemi Lewat Pameran UMKM Majic

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Bank Indonesia (BI) Sulsel menggelar pameran khusus usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan tema UMKM Majic (maju di jaman pandemic).

UMKM Majic berlangsung di Trans studio mal (TSM) Makassar, 3 hingga 7 Maret 2021.

UMKM Majic merupakan bentuk dukungan dari pergelaran karya kreatif Indonesia (KKI) tahun 2021 yang berpusat di Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan tema eksotisme Lombok.

Kepala BI Sulsel, Budi Hanoto mengatakan, UMKM Majic memfasilitasi promosi produk UMKM secara daring melalui Instagram dan Youtube, business matching, kurasi produk, fashion show, capacity building, serta onboarding UMKM.Hal ini ditujukkan untuk UMKM memasuki ekosistem digital.

“UMKM Majic 2021 melibatkan 50 UMKM unggulan daerah disektor makanan dan minuman 50 persen, sektor kerajinan 40 persen, dan sektor fashion siap pakai 10 persen dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” jelas Budi, Rabu, (3/3/2021).

Digelarnya UMKM Majic lanjut Budi, diharapkan momentum kemajuan UMKM Sulsel tetap terjaga, yang pada akhirnya dapat mendorong UMKM untuk tetap melakukan aktifitas ekonomi walaupun di masa pandemi. 
Ini juga dalam rangka memastikan UMKM untuk terus naik kelas.

Gelaran UMKM Majic 2021 merupakan sinergi BI Sulsel dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), Dinas Perdagangan, Dinas Perindustrian, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sulsel, dan beberapa perbankan anggota HIMBARA.

“Pandemi Covid-19 membuat masyarakat beralih ke moda transaksi digital. Hal ini menjadi momentum khususnya dunia usaha termasuk UMKM agar kembali bangkit di tengah keterpurukan akibat Covid-19,” pungkasnya

Salah satu UMKM binaan Bank Indonesia yaitu Tas Sutra Makassar, UMKM asal Makassar yang menjajakan produk tas yang terbuat dari kain tenun lagosi yang berasal dari Kabupaten Sengkang.

Pemilik Tas Sutra Makassar, Anna Triana Erwansyah mengaku jika kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan Bank Indonesia sangat membantu usahanya untuk bisa bertahan dan maju di masa pandemi saat ini.

“Kegiatan pameran ini sangat membantu kami dalam mempromosikan usaha kami, apalagi dengan menggunakan layanan digital seperti Qriss ini sangat mudah dalam melalukan transaksi apalagi kan masa pandemi saat ini, harus tetap menjaga jarak dan protokol kesehatan. Jadi berbelanja saat ini lebih mudah dengan adanya digitalisasi.” Ungkapnya saat di temui dalam Pameran UMKM Majic.

Tak hanya, salah satu Bank dari grup Himbara, Kanwil BRI Makassar juga ikut berpartisipasi dalam mendorong UMKM yang ada di Sulsel khususnya binaan-binaan Bank BRI yang saat ini dalam proses pengembangan dikancah International

“Saat ini ada 4 UMKM unggulan Bank BRI yang dipamerkan, salah satunya UMKM Kacang Bunly yanh sudah masuk kepasar ekspor seperti Singapura, Jepang dan Hongkong. Ini salah satu upaya kami dalam membangkitkan perekonomian Sulsel dengan memajukan UMKM lokal.”Ungkap Business Incubation officer, Kanwil BRI Makassar Billy Johanes Lutam.

Lebih lanjut, ia memaparkan jika UMKM lokal Sulsel sebelum menjadi produk unggulan ada proses dan penilaian terlebih dahulu yang dilakukan pihak BRI.

“Jadi kami betul-betul mendampingi UMKM binaan kami, seperti dengan melakukan pelatihan-pelatihan baik dalam hal memasarkan produk hingga memanfaatkan layanan digital yang saat ini lagi trend digunakan masyarakat. Sehingga bisa menjadi UMKM yang milenial. ” Tutupnya.(Komang Ayu)

Komentar

Check Also

Sambut Ramadan 1442H, HappyFresh Hadirkan Layanan di Kota Bogor dan Mulai Beroperasi di Sulawesi Selatan

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Menyambut Bulan Suci Ramadan 1442 H, HappyFresh kembali memperluas jangkauan operasinya. Kali ini, HappyFresh …

Share This
Mediawarta