Fatmawati Rusdi Harap Penyusunan Rencana Aksi Daerah Sustainable Development Selaras Misi Visi Pemkot Makassar

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Makassar menggelar rapat koordinasi, Konsultasi Publik Rencana Aksi Daerah (RAD) Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Sustainable Development Goals (TPB/SDGs).

Rakor yang dibuka oleh Wakil Walikota Makassar Fatmawati Rusdi, diikuti oleh kepala SKPD lingkup pemerintah kota Makassar serta NGO CSO CSR dan lembaga donor lainnya. Di ruang Sipakalebbi lantai ll Kantor Balaikota Makassar, Kamis (29/4/2021).

Menurut Wakil Walikota Fatmawati Rusdi tujuan utama dari TPB SDGs adalah pembangunan yang menjaga peningkatan ekonomi kesejahteraan bagi masyarakat secara berkesinambungan.

“Tujuan pembangunan berkelanjutan bisa tercapai dengan terbentuknya dokumen RAD TPB SDGs Kota Makassar, melalui keterlibatan aktif dan komitmen dari semua pihak, baik dari pemerintah maupun Non pemerintah,” ucap Fatma.

Lanjut Fatma dalam mendukung pelaksanaannya RAD tertuang dalam Perpres No. 59 Tahun 2017, tentang Pelaksanaan Pencapaian TPB SDGs serta finalisasi Dokumen RAD TPB SDGs Kota Makassar, Tahun 2021-2026.

“Nantinya diinternalisasi dalam dokumen perencanaan RPJMD, Renstra, RKPD dan Renja serta diselaraskan dengan misi visi dari program bapak Walikota Makassar Danny Pomanto,” ujarnya.

Olehnya itu Fatma berharap pencapaian target tujuan pembangunan berkelanjutan sustainable development yang terlibat didalamnya untuk berperan aktif dan berkomitmen baik dari pihak pemerintah maupun non pemerintah

Kepala bidang sosial budaya Bappeda Makassar DR. Amri Akbar, mengatakan, ada 3 dokumen penting yang harus diselaraskan dalam menyusun SDGs

“Telah dijelaskan bahwa ada 3 dokumen penting yang harus diselesaikan dalam penyusunan perencanaan yakni RPJMD, Renstra dan RKPD kota Makassar, ketiganya harus diselaraskan dengan dokumen TPB disusun sesuai dengan Misi Visi Pemerintah kota 2021 2026,” terangnya.

Dalam rakor ini Bappeda Makassar menghadirkan bapak Agus Salim dosen dari Unhas sebagai satu satunya narasumber pada rakor ini.(rls)

Comment