Berbekal Jam Tangan Pintar, Ini Rekomendasi Olahraga Selama PPKM

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Merebaknya virus COVID-19 membuat kita semua semakin memahami pentingnya pernafasan yang baik bagi manusia. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan pernafasan, mulai dari mengonsumsi makanan yang bernutrisi seimbang hingga olahraga.

Salah satu olahraga yang dapat dijadikan pilihan di masa pandemi ini adalah Hatha Yoga, jenis yoga yang gerakannya merupakan dasar dari segala jenis yoga. Meskipun mendasar, namun manfaat Hatha Yoga ternyata sangat banyak diantaranya melatih teknik bernafas dan meredakan stress

Langkah lain yang tak kalah penting untuk dilakukan di masa pandemi ini adalah memonitor kesehatan, salah satunya tingkat saturasi oksigen dalam darah. Seiring dengan perkembangan teknologi, kini smartwatch canggih seperti Amazfit Bip U Series pun telah dilengkapi fitur OxygenBeats untuk mengukur kadar oksigen dalam darah.

Gerakan-gerakan pada Hatha Yoga cenderung dilakukan secara perlahan, hal ini bertujuan untuk melatih kekuatan dan kelenturan tubuh, namun di saat yang bersamaan, juga mendapatkan manfaat dari relaksasi. Irfan Surya, seorang instruktur Hatha Yoga menjelaskan, “Hatha Yoga merupakan olah tubuh yang menekankan pada tiga gerakan utama, yaitu postur tubuh (asana), teknik pernafasan (pranayama) serta relaksasi dan meditasi (dyana). Yoga jenis ini cocok bagi mereka yang jarang berolahraga, baru mengenal yoga atau pemula, cocok untuk yang sedang dalam kondisi kurang fit, ingin menguatkan tubuh dan memperbaiki postur tubuh, serta bagi mereka yang ingin meredakan atau mengendalikan stres. Karenanya, menurut saya, cocok sekali untuk dijadikan pilihan kegiatan di masa pandemi seperti sekarang ini.”

Jika rutin dilakukan, Hatha Yoga juga baik untuk kesehatan jantung karena dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Teknik pernafasan yang diajarkan juga dipercaya bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan fungsi paru serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

“Untuk mencegah terjadinya kesalahan dalam melakukan pose yoga yang beresiko menimbulkan cedera, ada baiknya orang yang baru pertama kali mencoba Hatha Yoga mengikuti kelas yang dipandu oleh instruktur terlebih dulu. Di masa PPKM seperti sekarang yang tidak memungkinkan kita untuk pergi ke studio kebugaran, kita tetap bisa berolahraga bersama dari rumah masing-masing melalui kelas virtual atau online,” Irfan menambahkan.

Diawali dengan pemanasan ringan seperti latihan pernapasan, kemudian berlanjut dengan pose-pose yoga dasar, sesi kelas Hatha Yoga yang biasanya berlangsung selama 45-90 menit ini akan diakhiri dengan meditasi. Manfaat penting lain dari yoga adalah dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh sebelum tidur. Penelitian menunjukkan bahwa yoga dapat membantu menurunkan hormon kortisol dalam tubuh. Saat kadar hormon kortisol rendah, tubuh akan meresponnya dengan tidur lebih cepat. Selain itu, melakukan yoga juga dapat meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan.

Agar tubuh senantiasa dalam keadaan bugar dan sehat di masa pandemi ini, Irfan juga menyarankan melakukan pengecekan indikator kesehatan seperti tingkat saturasi oksigen dalam darah, kualitas tidur hingga tingkat stres, secara rutin.

“Di masa seperti sekarang yang penuh dengan tekanan, selain kesehatan fisik, penting juga bagi kita untuk lebih memperhatikan kesehatan mental, salah satunya tingkat stres. Salah satu yang menjadi andalan saya dalam memantau kesehatan adalah jam tangan Amazfit Bip U Series karena memiliki fitur kesehatan yang lengkap. Cukup dengan satu gadget ini saya bisa memantau saturasi oksigen dalam darah, kualitas tidur hingga tingkat stres,” tutur Irfan

Amazfit Bip U Series memiliki fitur kesehatan dan kebugaran menyeluruh salah satunya OxygenBeats yang dapat mengukur saturasi oksigen darah (SpO₂). Fitur ini dapat membantu penggunanya untuk memonitor kondisi tubuh saat sedang tidak sehat hingga stres.

Amazfit Bip U Series juga dilengkapi dengan BioTracker PPG yang merupakan sensor pelacakan optik biologis untuk mengukur detak jantung penggunanya selama 24 jam non-stop. Fitur SomnusCare yang terdapat pada Amazfit Bip U Series akan membantu pengguna dalam memonitor kualitas tidurnya.
Sistem Penilaian Kesehatan PAI yang inovatif dapat mengubah data detak jantung, aktivitas terlacak, dan data kesehatan lainnya menjadi skor yang dipersonalisasi, sehingga pengguna dapat memahami kesehatan fisiknya secara real-time.(Komang Ayu)

Comment