Mendukung Terciptanya Herd Imunnity, KALLA bersama IDI Makassar Gelar Program 10.000 Vaksinasi Gratis

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Yayasan Hadji Kalla bersama IDI Makassar menggelar program 10.000 vaksinasi bagi masyarakat kota Makassar. Selain itu, program ini juga didukung oleh Universitas Hasanuddin dan Dinas Kesehatan Kota Makassar. Program 10.000 vaksinasi ini bisa masyarakat ikuti di 4 titik sekaligus, yakni di Mal Ratu Indah, NIPAH, Masjid Al Markaz, dan Graha IDI Makassar. Digelar selama dua hari 28-29 Juli 2021, masyarakat bisa hadir mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore.

Demi mendukung terciptanya Herd Immunity, KALLA senantiasa menggelar kegiatan vaksinasi massal agar tercapainya vaksinasi yang merata. Masyarakat dapat memperoleh vaksin hanya dengan membawa KTP. Selain itu, kondisi peserta juga harus diperhatikan. Seperti dalam kondisi sehat, wajib makan sebelum vaksin, wajib memakai masker medis atau sejenisnya. Masyarakat Kota Makassar dapat memperoleh vaksin tanpa dipungut biaya.

Subhan Djaya Mappaturung selaku Ketua Satgas Covid-19 KALLA mengungkapkan bahwa KALLA sejak beberapa bulan lalu telah aktif menggelar vaksinasi massal. Kurang lebih 12.500 dosis vaksin telah KALLA keluarkan bagi masyarakat kota Makassar. Hal ini merupakan bentuk dukungan KALLA atas program pemerintah. Selain memberikan vaksinasi, KALLA juga aktif menggelar webinar kesehatan dengan tema vaksin dan Covid-19. Webinar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman akurat kepada masyarakat.

“H-2 digelarnya program 10.000 vaksinasi, telah tercatat lebih dari 7.000an lebih pendaftar per jam 11.30 hari ini. Menjelang H-1, kuota peserta vaksin untuk lokasi Mal Ratu Indah dan NIPAH sudah full. Namun masyarakat masih bisa mendapatkan vaksinasi di dua titik lainnya, yakni di Masjid Al Markaz, dan Kantor IDI Makassar. Segera manfaatkan kesempatan ini demi terciptanya herd immunity yang merata di Kota Makassar ,” pungkasnya.

DR. Dr. Muhammad Sakti, SpOT (K) selaku Ketua Satgas Covid 19 IDI Makassar menambahkan bahwa guna mengantisipasi korban akibat lonjakan kasus Covid-19, maka Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Makassar berinisiatif untuk membantu program pemerintah percepatan pencapaian target vaksinasi khususnya untuk masyarakat kota Makassar, dengan meminta Vaksin secara langsung ke Menteri Kesehatan RI.

“Dan Alhamdulillah permintaan kami dipenuhi dengan diberikan 10.000 vaksin. Setelah berdiskusi dengan teman-teman IDI Makassar dan arahan ketua IDI makassar Dr. dr. Siswanto Wahab SpKK & guru kami Prof. Dr. dr. Idrus Paturusi SpOT, maka kami bersama Dinas kesehatan Makassar menggandeng Yayasan Hadji Kalla untuk menyelenggarakan secara serentak,” ungkapnya.
 

Beliau menjelaskan lebih lanjut bahwa kegiatan ini juga mendapat dukungan dari teman-teman Rumah Sakit Unhas, dan Bhayangkara, KAHMI Makassar, Gojek, Grab, dan tim Recover Makassar. Harapannya, vaksin massal ini bisa membantu pemerintah mencapai target vaksin 100 % untuk warga Indonesia, sehingga kita semua bisa terlindungi dari dampak buruk pandemi Covid-19. Dan bisa seperti beberapa negara yang kasus kematian Covid-19 menurun drastis karena keberhasilan program vaksinasinya. Oleh karena itu IDI Makassar mengajak seluruh masyarakat kota Makassar untuk berpartisipasi dalam program 10.000 Vaksin Mohammad.

Zuhair selaku Direktur Eksekutif Yayasan Hadji Kalla menjelaskan bahwa program 10.000 vaksinasi ini merupakan bentuk kepedulian KALLA kepada masyarakat. Sebagai sebuah perusahaan, KALLA memiliki tanggung jawab sosial kepada masyarakat. “Dengan hadirnya program ini, KALLA berharap dapat memberikan hal positif kepada masyarakat. Dengan terpenuhinya vaksinasi yang merata, semoga perekonomian dapat kembali berjalan. Dan terjadi pemulihan roda ekonomi di masyarakat itu sendiri,” tambahnya.

Kalla Group Lanjutkan Webinar Sinergi Atasi Covid-19

Selain itu, KALLA juga rutin menggelar webinar bertajuk “Sinergi Atasi Covid-19”. Gelaran online ini akan segera digelar pada Rabu, 28 Juli 2021 mendatang pukul 16:30 hingga 18:00 WITA. Webinar seri kedua ini akan mengangkat tema “Kiat Melindungi Diri & Keluarga dari Covid-19”. KALLA menghadirkan dua pembicara yakni pembicara pertama ialah Prof. dr. Budu, Ph.D., SP.M.,MMedEd selaku Dekan Fakultas Kedokteran dan Ketua Stagas Covid-19 UNHAS. Dan pembicara kedua ialah Subhan Djaya Mapaturung, selaku Ketua Satgas Covid-19 Kalla Group.

Diah Zaddiah Rustham selaku Corporate Communication Departemen Head Kalla Group mengungkapkan bahwa webinar ini merupakan webinar kali kedua ini kembali hadir di pekan ini. Bertujuan memberi edukasi akurat kepada masyarakat, webinar ini menghadirkan pembicara yang kompeten di bidangnya. “Masyarakat dapat menyaksikan webinar ini melalui siaran langsung di berbagai akun youtube. Edukasi mengenai Covid-19 ini penting untuk menghindari informasi tidak akurat ditengah maraknya pemberitaan Covid-19,” pungkasnya.

Beberapa akun youtube yang akan menyiarkan langsung webinar ini diantaranya akun youtube Kalla Group, IDI Makassar, Das’ad Latif, Satgas Covid-19 Unhas, UMFA Channel, dan Athirah TV. Masyarakat yang tertarik mengikuti webinar ini dapat langsung bergabung di salah satu akun youtube.

Untuk mendukung penanganan Covid-19, Kalla Group baru saja meluncurkan sebuah gerakan #InsanKallaBantuKallaFriends bertujuan untuk memudahkan masyarakat mencari dan mendapatkan akses informasi seputar penanganan Covid-19 seperti kontak fasilitas/alat kesehatan yang sangat dibutuhkan saat ini. Berbagai Informasi seputar Rumah sakit rujukan, info donor plasma, info obat-obatan Covid-19, info Faskes di wilayah Sulawesi Selatan dan informasi jadwal telemedicine gratis untuk pasien Covid-19 yang sedang menjalani Isolasi Mandiri telah tersedia dan akan diupdate secara berkala. Informasi tersebut dapat diakses melalui Instagram @Kalla Group.(Komang Ayu)

Comment