Pertashop: Bisnis Baru yang Mulai Dilirik Millenial Untuk Majukan Ekonomi Desa

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Sebagai upaya Pertamina untuk terus mendorong pemerataan akses energi di seluruh penjuru negeri, terutama di daerah yang jauh dari SPBU, pada tahun 2018 Pertamina meluncurkan Pertashop, sebuah layanan one stop shopping produk Pertamina skala kecil, yang dapat dimiliki siapapun dengan harga lebih terjangkau dan keuntungan yang menjanjikan.

Pertashop berusaha menekan disparitas harga energi di suatu daerah, sehingga ongkos distribusi dapat ditekan, dan harga bahan pokok serta kebutuhan lainnya menjadi semakin terjangkau.

Sejak diluncurkan pada 2018, kemitraan Pertashop terus dikembangkan. Program ini awalnya menggandeng Kementerian Dalam Negeri, dengan tujuan memberikan apresiasi kepada desa berprestasi dan desa tertinggal, dengan pembangunan modular yang dapat melayani penjualan BBM untuk menggerakkan ekonomi desa.

Setelah dinilai berhasil, pada 2020 Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, serta Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, juga menggandeng Pertamina untuk bekerjasama dalam program ini.

Karena peminat Pertashop semakin banyak, Pertamina pun membuka kesempatan kepada masyarakat luas untuk dapat memiliki Pertashop. Kini Bank-Bank Himbara (Himpunan Bank Negara) seperti BRI, Mandiri, BNI, juga telah bekerjasama dengan Pertamina memperluas akses terhadap energi.

Unit Managar Communication & Relation Pertamina Regional Sulawesi Laode Syarifuddin Mursali mengatakan, sejak 2020 di wilayah Sulawesi telah beroperasi 128 Pertashop, dengan peminat yang sudah dalam proses verifikasi dan menunggu operasi mencapai total 251 calon lokasi baru.

“Khusus untuk wilayah Sulawesi Selatan dan Tenggara total sudah beroperasi 50 Pertashop dengan rincian 33 di Sulsel dan sisanya di Sultra. Sementara peminat yang telah mendaftar dan dalam proses verifikasi dan persiapan operasi untuk 2 provinsi tersebut, total mencapai 86 calon lokasi baru,” ujarnyaREAD  Mitra UMKM Pertamina di Sulawesi, Perluas Pangsa Pasar Melalui Pameran Virtual SMEXPO 2020

Beberapa keunggulan Pertashop antara lain, menjual produk resmi BBM Pertamina yang langsung dipasok dengan menggunakan mobil tangki Pertamina, sehingga kehandalan pasokan dan kualitas produknya sangat terjamin. Selain itu, proses pendaftarannya sangat mudah. Seluruh informasi dan pendaftaran kemitraan Pertashop dapat diakses secara transparan dan realtime.

Syarat utamanya terdiri dari dua kriteria, yaitu Kriteria Administratif dan Kriteria Lokasi. Tidak butuh syarat administrasi yang sulit dan luas lahan yang tidak terlalu luas, menjadi poin yang membuat Pertashop dilirik investor pemula terutama kaum millenial.

Untuk pola kerjasamanya ada 3 tipe yang ditawarkan:

  1. Tipe Gold (210m² kapasitas tangki 3 Kilo Liter)
  2. Platinum (300m² kapasitas tanki 10 Kilo Liter),
  3. Diamond (500m² kapasitas tanki 10 Kilo Liter),

Perbedaan diantara ketiganya hanya besaran lahan, akan berpengaruh terhadap layanan bisnis pendukung selain BBM atau nonfuel retail (NFR) / selain produk utama yang dapat beroperasi, misalkan agen pulsa, toko sembako, mini market, kafe/restoran, bengkel, dan bisnis turunan lainnya.

Seperti yang ditekuni oleh Hendra Hartono (34), pemilik Pertashop 7P92902 di Desa Lakawali, Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur. Ia baru 4 bulan membuka Pertashop di daerah tersebut. Omzetnya perlahan terus meningkat hingga kini mencapai 450-600 liter / hari, sehingga ia harus memesan BBM kepada Pertamina rata-rata 14 kilo liter per bulannya.

Tak tanggung-tanggung omzet penjualannya jika di rupiahkan per bulan bisa mencapai lebih dari Rp 150 juta-an. Selain itu keuntungan juga didapat dari menjual produk seperti LPG Bright Gas.

“Saya tertarik bisnis Pertashop karena mudah, investasinya setara membeli 1 unit rumah BTN, pendaftarannya simple dan pasarnya jelas ada jadi balik modalnya cepat,” ujar pria kelahiran Malili Luwu Timur ini.READ  Alfamidi Manjakan Konsumennya dengan Program Hujan Hadiah

Ia membuka bisnis Pertashop di Luwu Utara, dikarenakan ingin memajukan ekonomi desa di kampung halamannya yang jauh dari SPBU. “Masyarakat disini biasa beli per liter Rp 10.000 di pengecer dan hanya dapat premium, sedangkan harga kita lebih murah dan dapatnya Pertamax. Setelah ada Pertashop, orang tertarik karena harga lebih murah dan kualitas terjamin. Pasokan juga tidak pernah terlambat dari Pertamina,” imbuh Hendra.

Pemerataan energi menjadi tugas dan amanah Pemerintah melalui Pertamina dapat tercapai lebih cepat dan tepat. “Di sisi lain, kami akan menggerakkan dan meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat dan daerah terutama mulai dari Desa,” tutup Laode

Bagi calon mitra yang berminat, seluruh biaya, informasi dan persyaratan seputar Pertashop dapat diakses melalui website kemitraan.pertamina.com dan apabila memerlukan konsultasi lebih lanjut dapat menghubungi Pertamina Call Center 135.(rls)

Comment