Singapore Food Festival 2021 Hadirkan Aneka Hidangan Gastronomi

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA – Singapore Food Festival (SFF), salah satu acara yang paling ditunggu-tunggu di setiap kalender pecinta kuliner, kembali untuk edisi ke-28 selama tiga akhir pekan dari 27 Agustus hingga 12 September 2021 dengan tema ‘Nikmati Singapura dalam Setiap Gigitan’. Untuk mendukung program ini, STB Indonesia berkolaborasi dengan GoFood bagian dari grup Gojek – perusahaan teknologi anak bangsa dan Wings Food untuk kampanye pemasaran Mie Sedaap Selection Singapore Spicy Laksa dalam menghadirkan cita rasa Singapura di rumah.

Sebagai satu-satunya festival di Singapura yang didedikasikan untuk masakan Singapura dan bakat F&B, SFF terus berinovasi untuk menghadirkan lebih dari 50 pengalaman gastronomi dan minuman bagi pecinta kuliner di platform hibrida. Jumlah ini dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan edisi virtual tahun lalu.

SFF menghadirkan beragam program menarik untuk diikuti oleh para pecinta kuliner. Berbagai live masterclass yang menarik, baik yang gratis untuk dilihat maupun yang berbayar, akan membawa penonton internasional lebih dekat dan intim dengan beberapa koki paling terkenal di dunia kuliner Singapura. Para pecinta kuliner juga dapat menemukan kembali cita rasa melalui video resep dan menjelajah Singapura melalui pengalaman virtual dan fitur dokumenter. Khusus untuk masyarakat Indonesia, STB Indonesia berkolaborasi dengan GoFood dan Wings Food yang menawarkan beragam promo menarik dan tentunya membantu mereka yang merindukan cita rasa Singapura untuk menghidupkan kembali impian perjalanan ke Singapura dari kenyamanan rumah masing-masing.

SFF 2021 melengkapi inisiatif SingapoReimagine, dengan mengajak para pecinta kuliner global untuk membayangkan kembali perjalanan ke Singapura melalui kuliner lokal otentik yang akan ditawarkan secara format hibrida.

Ms Serene Tan, Director of Retail and Dining, Singapore Tourism Board (STB), mengatakan: “Sesuai dengan tradisi yang membanggakan, Singapore Food Festival 2021 menampilkan budaya kuliner kami yang dinamis dengan menyoroti sumber daya manusia kami – mulai dari koki mapan yang sedang naik daun hingga pahlawan kuliner sehari-hari, ahli anggur dan ahli mixologi. Tahun ini, kami sangat antusias untuk membawa SFF ke khalayak global, mengundang mereka untuk menikmati masakan Singapura dan belajar lebih banyak tentang warisan multi-budaya kami melalui makanan. Lebih dari sebelumnya, SFF merupakan bukti inovasi di dunia kuliner Singapura, dan reputasi kami sebagai ibu kota kuliner global.”

Sorotan program

Rangkaian festival tahun ini terdiri dari empat komponen yang dapat diikuti oleh para pecinta kuliner di Indonesia: Kolaborasi dengan GoFood dan Wings Food untuk kampanye pemasaran Mie Sedaap Selection Singapore Spicy Laksa, Live Masterclasses, serta Virtual Food Experiences.

Program yang dikurasi untuk pasar Indonesia

STB Indonesia telah menyiapkan program khusus untuk pasar Indonesia untuk menghadirkan cita rasa Singapura kepada masyarakat Indonesia yang rindu bepergian ke Singapura dengan pengalaman bersantap yang baru dan menarik, serta mereka yang ingin menjelajahi dan mempelajari lebih lanjut tentang masakan Singapura. Kolaborasi dengan GoFood dan Wings Food untuk kampanye pemasaran Mie Sedaap Selection Singapore Spicy Laksa di bawah SFF merupakan bagian dari inisiatif SingapoReimagine untuk mendorong masyarakat Indonesia menghidupkan kembali impian perjalanan ke Singapura melalui makanan.

Area Director STB Indonesia (Jakarta), Mohamed Firhan Abdul Salam mengatakan, “Kami berharap melalui program Singapore Food Festival (SFF) 2021 ini, masyarakat Indonesia dapat terinspirasi untuk menemukan, membayangkan, dan mencicipi kembali cita rasa Singapura dalam kenyamanan rumah mereka. Hal ini merupakan bagian dari kemitraan yang inovatif dan kreatif yang dilakukan STB selama pandemi berlangsung untuk menjangkau masyarakat Indonesia dan membuat mereka tetap teringat dengan Singapura.”

Menghadirkan cita rasa Singapura melalui GoFood

STB Indonesia berkolaborasi dengan GoFood untuk menghadirkan cita rasa Singapura kepada masyarakat Indonesia di Jabodetabek dan Surabaya sebagai bagian dari program SFF. Akan ada promosi khusus dengan merchant yang menawarkan hidangan khas Singapura di GoFood baik yang asli dari Singapura maupun restoran lokal seperti: Old Chang Kee, Ya Kun Kaya Toast, Wee Nam Kee, Song Fa Bak Kut Teh, dan lain sebagainya. Masyarakat Indonesia dapat menggunakan kesempatan ini untuk mencoba berbagai jenis makanan Singapura dan merasakan kekayaan hidangan Singapura dalam kenyamanan rumah mereka.

Global Head Marketing GoFood, Ichmeralda Rachman berkata “Sebagai pemimpin layanan pesan-antar makanan di Indonesia, GoFood hadir dengan jutaan menu termasuk beragam kuliner khas Singapura. Kami senang dapat berkolaborasi dengan Singapore Tourism Board melalui program Singapore Food Festival. Dukungan ini kami berikan dengan mempersembahkan banner khusus Singapore Food Festival di GoFood, mulai dari tanggal 21 Agustus hingga 12 September, dimana 300 resto dengan ribuan menu cita rasa Singapura siap memanjakan para GoFoodies. Lebih dari itu, kami juga berbagi voucher GoFood senilai total belasan juta rupiah bagi masyarakat di Jabodetabek dan Surabaya yang bertransaksi minimal atau diatas Rp150,000 di resto yang berpartisipasi pada program Singapore Food Festival di GoFood. Semakin banyak memesan selama periode tersebut, maka semakin besar pula kesempatan memperoleh voucher yang dapat digunakan ditransaksi GoFood berikutnya. Kami harap kolaborasi ini dapat semakin memanjakan pelanggan GoFood yang menggemari kuliner khas Singapura.”

Kolaborasi dengan Wings Food untuk kampanye pemasaran Mie Sedaap Selection Singapore Spicy Laksa

STB Indonesia berkolaborasi dengan Wings Food dalam memasarkan produk terbaru yang mengusung cita rasa internasional terinspirasi dari makanan khas Singapura, yaitu Mie Sedaap Selection Singapore Spicy Laksa. Kehadiran varian Mie Sedaap Selection Singapore Spicy Laksa secara permanen ini diharapkan dapat mengobati kerinduan masyarakat Indonesia terhadap kuliner Singapura, khususnya Laksa Singapura yang ikonik.

STB Indonesia juga telah melibatkan influencer populer Indonesia, seperti chef Martin Praja (@martinpraja), Eric Eko S (@ericekos), Mullie Marlina (@myfunfoodiary), @kokobuncit, dan banyak lagi, untuk berbagi pengalaman mereka dengan Mie Sedaap Selection Singapore Spicy Laksa serta pengalaman memesan kuliner khas Singapura melalui aplikasi GoFood dari rumah. Para influencer ini juga akan mengikuti program utama dari SFF 2021 secara virtual yakni program Live Masterclass dan Virtual Food Tour.

Live Masterclasses menawarkan kepada pemirsa kesempatan menarik untuk belajar dari beberapa koki, bartender, dan tokoh makanan terbaik di dunia kuliner Singapura. Pengunjung festival dapat bergabung dengan sembilan live masterclass gratis yang diselenggarakan di halaman Facebook SFF 2021 atau mendaftar untuk sesi intim dan interaktif dengan koki terkenal dengan bergabung dengan sembilan masterclass live pay-to-view lainnya. Deretan nama-nama top di komunitas F&B di Singapura dan seluruh Asia, termasuk Juri MasterChef Singapore 2018 Bjorn Shen dari Artichoke dan chef terlatih Le Cordon Bleu JP Anglo dari Sarsa Filipina (yang akan mempersembahkan kolaborasi membuat telur dadar tiram), Chef Lim Hoe Gern dari Laut dan chef selebriti Thitid Tassanakajohn, dalang kreatif di balik restoran bintang satu-Michelin Thailand Le Du (menghadirkan hidangan kolaborasi Prawn Raja yang sarat umami), Chef Jeremy Gillon dari salah satu restoran bintang satu-Michelin JAG (yang akan mendemonstrasikan proses pembuatan ravioli lembut dari awal), serta pastry expert Mohammed Al-Matin dari Le Matin Patisserie (menghadirkan dessert pisang goreng yang unik).

Virtual Food Experiences akan dihadirkan dalam format interaktif untuk pengunjung festival internasional. Para hadirin dapat pelajari lebih dalam seluk beluk bisnis inovatif seperti Kok Fah Farm melalui fitur dokumenter, yang membawa pecinta kuliner dalam tur keliling tanah dan pertanian hidroponik, dan video resep seperti Kitchen Insider: Sustenir, yang mendidik pecinta kuliner tentang pertanian modern di Singapura, menyarankan cara untuk memasukkan produk lokal ke dalam hidangan sehari-hari, dan melengkapinya dengan nutrisi. Selain itu, pecinta kuliner dapat menantikan perjalanan penemuan kembali saat mereka menikmati hidangan lezat dalam tur makanan virtual Little India dan Tiong Bahru yang disajikan oleh pembawa acara makanan populer, Nikki Muller.

Kemitraan dengan media untuk mempromosikan SFF

STB Indonesia juga akan bekerja sama dengan EMTEK, Kumparan, dan juga Dream.co.id untuk mempromosikan kegiatan SFF, kolaborasi dengan GoFood dan juga Mie Sedaap Selection Singapore Spicy Laksa. Diantara kegiatan promosi ini adalah mengadakan Nonton Bareng secara live streaming program virtual SFF (Live Masterclass dan Virtual Food Experience), dan ada beberapa episode memasak spesial yang mengundang chef kenamaan Singapura dan Indonesia termasuk Juri MasterChef Indonesia season 1 Chef Vindex Tengker dan Top 10 MasterChef Indonesia season 6 Chef Amy Zein untuk memasak hidangan Singapura.

Comment