Dukung Mitra UMKM dan Driver Bertahan dan Bangkit Bersama, Gojek Keluarkan Sekitar Rp 1 Triliun Selama Masa Pandemi

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA – Selama masa pandemi, Gojek, platform on-demand terkemuka di Asia Tenggara, telah mengeluarkan sekitar Rp 1 triliun untuk berbagai inisiatif mendukung mitra  UMKM dan mitra driver. Inisiatif tersebut bertujuan membantu mitra bertahan, tumbuh, dan bangkit bersama menghadapi pandemi. Lebih lanjut, Gojek juga memberikan apresiasi kepada mitra ekosistem yang telah menjadi pejuang pandemi dalam ajang penghargaan tahunan Mitra Juara Gojek.

Berbagai inisiatif dukungan tersebut terbukti memberikan dampak positif bagi mitra driver dan mitra UMKM. Riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menemukan bahwa 4 dari 5 mitra driver menyatakan tetap dapat memiliki pendapatan untuk menafkahi diri dan keluarga melalui kemitraan dengan Gojek. Tak hanya itu, 4 dari 5 UMKM percaya GoFood mendorong pertumbuhan usaha.

Kevin Aluwi, CEO Gojek, mengatakan, “Berkat dukungan mitra driver dan mitra UMKM selama 11 tahun ini, Gojek dapat terus memberikan dampak positif dalam memudahkan kehidupan sehari-hari masyarakat, yang tercermin melalui kontribusi ekosistem kami terhadap pertumbuhan dan pemulihan ekonomi nasional. Oleh karena itu, dengan memahami bahwa kondisi pandemi merupakan masa-masa sulit bagi mitra ekosistem kami, dalam dua tahun terakhir kami menjalankan berbagai inisiatif bantuan kepada mitra-mitra kami agar mitra driver bisa tetap memperoleh peluang pendapatan dan mitra UMKM  tetap tumbuh usahanya. Semua ini merupakan bentuk dukungan berkelanjutan kami agar dapat #BangkitBersama.”

Khusus bagi mitra UMKM, lanjut Kevin, Gojek memiliki berbagai inisiatif untuk membantu agar bisnis pelaku UMKM di ekosistem Gojek tetap bertahan dan tumbuh. “Kami secara konsisten memberikan subsidi promo bagi mitra UMKM yang tidak hanya bertujuan mendorong daya beli konsumen, tetapi juga menimbulkan efek bola salju sehingga mitra usaha dan mitra driver tetap bisa mendapatkan order.”

Selain program subsidi promo, Gojek membekali mitra UMKM dengan membagikan paket protokol kesehatan supaya konsumen tetap merasa aman dan nyaman memesan GoFood. Para mitra UMKM antara lain memperoleh bantuan berupa aset digital dan perangkat fisik untuk menunjang protokol kesehatan seperti care kits, safety seal (selotip pengaman), kartu suhu tubuh, cairan pembersih, dll. GoFood juga mendistribusikan tas pengantaran kepada para mitra driver untuk membantu menjaga higienitas makanan yang diantarkan. Selain itu, Gojek juga memfasilitasi akses vaksinasi COVID-19 untuk para mitra UMKM di berbagai daerah.

Tidak berhenti di situ, selama masa pandemi, Gojek  memperkuat Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) dengan beragam materi edukasi baru. Dengan semua inisiatif ini, GoFood terus tumbuh menjadi layanan pesan-antar makanan andalan masyarakat dengan 1 juta mitra UMKM di seluruh Indonesia. 

Di lain pihak, Gojek mengemas bantuan kepada mitra driver dalam bentuk Program Kesejahteraan Mitra Driver yang terdiri dari tiga program utama. Pertama, bantuan kebutuhan pokok yang mencakup uang belanja sembako, voucher belanja sembako, voucher potongan harga sembako dari GoPay, serta voucher makanan murah dan sehat untuk keluarga mitra driver. Kedua, bantuan penyediaan layanan dan perlengkapan kesehatan yang terdiri dari pembagian masker, hand sanitizer, disinfektan, kegiatan operasional Posko Aman, edukasi dan sosialisasi vaksinasi, serta fasilitasi vaksinasi bagi ratusan ribu mitra driver di lebih dari 130 kota/ kabupaten lewat penyelenggaraan pos pelayanan vaksinasi melalui kerja sama dengan pemerintah maupun pihak swasta terkait. Terakhir, bantuan pengganti pendapatan bagi mitra driver yang nonaktif sementara saat masa pemulihan dari Covid-19.

Mitra Juara Gojek 2021 – Apresiasi Para Mitra Pejuang Pandemi

Tahun ini, Gojek kembali menggelar ajang Mitra Juara Gojek 2021 untuk keempat kalinya. Program ini adalah penghargaan tahunan Gojek bagi para mitra inspiratif yang terus menunjukkan optimisme, kerja keras, serta ketekunan. Dengan tema “Pejuang Pandemi”, secara khusus Mitra Juara Gojek tahun ini mengapresiasi mitra yang menunjukkan ketangguhan dalam bertahan dan/atau menginspirasi lingkungan sekitar mereka untuk bergotong royong meringankan beban pandemi. Sejumlah 24 mitra mendapat gelar Mitra Juara Gojek dari seluruh layanan Gojek di tempat Gojek beroperasi, yaitu Indonesia, Singapura, dan Vietnam.

“Tahun ini adalah tahun keempat kami memberikan penghargaan kepada mitra yang terus menginspirasi. Upaya para mitra yang menunjukkan ketangguhan mereka telah menjadi penyemangat bagi kami untuk selalu mendukung mitra di ekosistem agar bertahan dan pulih di masa pandemi sekaligus tetap berinovasi untuk membantu mitra dan konsumen dalam mempermudah hidup mereka,” ungkap Kevin.

Salah satu kisah inspiratif yang menjadi Mitra Juara Pilihan Gojekers adalah Jubaeroni dari layanan GoRide, yang dipilih oleh ratusan ribu masyarakat Indonesia. Mitra driver yang akrab disapa Pak Ubay ini ‌menjadi‌ ‌pahlawan‌ ‌bagi‌ ‌masyarakat‌ ‌yang‌ ‌sedang‌ menjalani ‌isolasi‌ ‌mandiri‌ ‌akibat‌ COVID-19‌‌. Di‌ ‌saat‌ ‌tingginya‌ ‌kebutuhan‌ ‌akan‌ ‌tabung‌ ‌oksigen‌ ‌di‌ ‌Pontianak,‌ ‌ia‌ ‌rela‌ ‌antri ‌mengisikan‌ ‌dan‌ ‌mengantar‌ ‌tabung‌ ‌oksigen‌ ‌tanpa‌ ‌memungut‌ ‌biaya.‌ Selama dua bulan, Pak Ubay telah mengantarkan lebih dari 200 tabung oksigen kepada yang membutuhkan.

Tidak hanya dari Gojek, dukungan kepada para Mitra Juara Gojek juga datang dari mitra perusahaan yang selama ini juga turut merasa terbantu oleh mitra-mitra di ekosistem Gojek, di antaranya PT Bank Central Asia Tbk, Shell Indonesia, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, AIA Financial, dan Alfamart.

Comment