Lewat BincangShopee Big Ramadan Sale 2022, Shopee Ajak Perempuan Indonesia Ekspresikan Diri Melalui Kreasi

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA – Sebagai bagian dari Shopee Big Ramadan Sale, Shopee merayakan hari Kartini dengan menghadirkan tiga perempuan inspiratif sebagai narasumber dalam acara BincangShopee Big Ramadan Sale: Ekspresikan Diri Melalui Kreasi yaitu Marchella FP, Creativepreneur & Author; Jenny Jusuf, Scriptwriter & Content Creator; dan Tania Ray Mina, Co-Founder & Creative Director ZaskiaMecca. Acara BincangShopee kali ini memanfaatkan momen bulan Ramadan yang lekat dengan terbukanya lembar baru bagi kehidupan masyarakat, khususnya perempuan Indonesia yang ingin memperbaiki diri agar dapat menjadi versi terbaiknya melalui karya dan kreasi.

Setiap orang memiliki potensi diri yang harus terus dikembangkan guna meningkatkan kualitas sebagai individu. Hal ini dapat dilakukan melalui cara apapun selama sesuai dengan minat, bakat, maupun kebutuhan masing-masing orang. Hal ini dipertegas oleh Jenny Jusuf yang menyampaikan, “Kita dapat melatih diri untuk berani mengekspresikan diri kita melalui kreasi apapun. Mau lewat tulisan, konten, ataupun karya lainnya. Apapun bentuk kreasinya, akan sangat berharga jika lahir dari tangan kita sendiri karena kita akan mampu memahami emosi yang terpendam dalam diri dan menuangkannya dengan cara yang positif. Alhasil, kita dapat mengelola setiap perasaan yang kita miliki dengan baik sehingga berdampak positif bagi kita dalam bersikap di kehidupan sehari-hari.”

Menurut Marchella FP, dalam berkreasi sangat penting bagi karya yang kita ciptakan untuk memiliki dampak positif bagi orang lain. Inspirasi untuk berkarya pun bisa datang dari berbagai sumber, termasuk ketika kita bertemu dengan hal menarik di keseharian kita dan melihat  perilaku masyarakat sekitar, “Dalam menciptakan sebuah karya, membuat sebuah cerita yang relevan dengan kehidupan masyarakat akan membuat semakin menarik untuk dibaca, dan tentunya banyak sekali isu-isu yang terjadi di sekitar kita yang dapat dikembangkan menjadi sebuah karya. Untuk langkah pertama, aku biasanya mengidentifikasi dulu isu apa yang ingin aku angkat. Berikutnya, aku akan melakukan riset, tujuannya agar aku bisa mendapatkan perspektif yang lebih luas dan karya yang aku ciptakan semakin relatable untuk orang banyak.” ucap Marchella.

Berbeda dengan Marchella dan Jenny yang lebih sering berekspresi melalui tulisan, Tania Ray Mina mengekspresikan dirinya melalui sepak terjangnya sebagai Co-founder dan Creative Director dari brand fashion muslim modern, ZaskiaMecca. Hal ini membuktikan banyak sekali peran yang mampu dijalankan oleh perempuan. Tania mengatakan, “Awal ZaskiaMecca didirikan, kami hanya kerja sama dengan salah satu department store. Tetapi aku merasa bahwa brand kami memiliki potensi agar bisa lebih berkembang dan dinikmati masyarakat luas, hingga akhirnya kami memutuskan untuk berjualan secara online dan bergabung di Shopee. Sejak awal, kami terus memanfaatkan fitur-fitur yang Shopee sediakan dan berpartisipasi dalam berbagai program serta kampanye yang Shopee hadirkan, tidak terkecuali dalam kampanye Shopee Big Ramadan Sale yang sedang berlangsung. Lewat kampanye ini, kami harap ZaskiaMecca dapat memberikan kemudahan untuk pengguna Shopee dan pelanggan setia ZaskiaMecca dalam semangat persiapan menyambut hari raya Idul Fitri dengan menyediakan rangkaian produk pakaian muslim modern yang berkualitas.”

Tidak hanya sesi talkshow, BincangShopee Big Ramadan Sale “Ekspresikan Diri Melalui Kreasi” juga mengajak penonton untuk bergabung dalam workshop “Tuliskan Afirmasi Untuk Motivasi Diri” yang dipimpin oleh Jenny Jusuf. Afirmasi adalah sebuah pernyataan dalam bentuk kalimat positif yang dapat membantu kita mengatasi pikiran dan kepercayaan yang cenderung negatif. Jika dilakukan secara terus menerus dan berulang, afirmasi dipercayai akan membantu diri untuk memulai perubahan yang positif dalam hidup. Ada empat langkah-langkah melakukan afirmasi yang telah Shopee rangkum di bawah ini:

  1. Pilihlah sebuah pikiran, emosi, atau kepercayaan negatif yang dimiliki tentang diri sendiri maupun situasi yang sedang dihadapi.

Semua orang pasti pernah memiliki pikiran atau perasaan negatif tentang diri sendiri, tidak hanya berdampak pada kondisi mental dan emosional, perasaan negatif yang berlebihan juga dapat mempengaruhi kesehatan fisik. Maka itu, penting sekali bagi kita untuk selalu berupaya mengatasi perasaan negatif yang kita miliki. Di langkah pertama dalam menulis afirmasi untuk diri sendiri ini, kamu bisa memilih perasaan negatif yang sedang kamu rasakan atau telah terpendam untuk dijadikan dasar dari kata-kata afirmasi yang akan kamu buat. 

  1. Tuliskan sebuah kalimat berisi afirmasi positif dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Mulai kalimatmu dengan kata “Saya…” atau, “Aku…”. Agar semakin personal dan mudah untuk diucapkan, kamu juga dapat menyesuaikan bahasa yang kamu gunakan dengan bahasa asal daerah mu, ya!
  • Karena bertujuan sebagai motivasi diri, pastikan kalimat yang kamu tulis hanya mengandung hal-hal yang positif. Hindari kata-kata yang berkonotasi negatif, seperti, “Tidak bisa,” “Tidak akan,” “Tidak yakin,” dan sebagainya.
  • Jangan lupa, kalimat yang kamu tulis adalah pikiran, emosi, maupun kepercayaan yang sifatnya realistis dan dapat terwujud, hindari hal-hal yang berada di luar kapasitasmu atau bersifat fantasi. Contohnya, seperti “Aku yakin bisa melalui ini, walau akan terasa sulit, aku akan coba perlahan, terima kasih untuk diriku sudah kuat sampai saat ini.”
  1. Setelah selesai menulis, visualisasikan dan ucapkan kalimat afirmasi mu

Agar hasilnya lebih maksimal, kamu dapat membaca afirmasi yang telah kamu buat di depan cermin atau kamera ponsel. Tujuan dari langkah ini adalah agar kamu dapat seolah-olah berdialog langsung dengan diri sendiri, sehingga afirmasi yang diucapkan pun dapat diterima dengan lebih baik. 

  1. Ulangi afirmasi yang sama sebanyak dua kali sehari, pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari menjelang tidur.

Apabila dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan, afirmasi akan berfungsi seperti ‘olahraga dan gaya hidup sehat’ bagi pikiran dan perspektif kita. Perlahan namun pasti, pola pikir akan  mengalami perubahan positif sehingga membuat kita dapat berkembang menjadi pribadi yang lebih baik dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Langkah-langkah ini diharapkan dapat membantu merancang pernyataan positif dan menanggulangi pemikiran, kepercayaan, maupun kebiasaan negatif yang mengganggu. Jangan lupa, metode ini juga dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhanmu ya!

Setelah mengetahui cara bagaimana menulis afirmasi diri, jangan lupa untuk mencari alat dan bahan yang dapat membantu kamu untuk berkreasi dan memberikan apresiasi kepada dirimu. Kamu bisa memanfaatkan ragam promo menarik di puncak kampanye Big Ramadan Sale pada tanggal 20 April yang terdiri dari Gratis Ongkir Rp0 Semua Toko, Cashback 50% Setiap Jam, hingga Diskon s/d 90% untuk berbagai produk yang bisa kamu gunakan buat menemani rutinitas kamu selama bulan suci Ramadan. Selain itu, untuk memenuhi berbagai kebutuhan Ramadan, manfaatkan promosi spesial ShopeePay Big Ramadan Deals yang hadir makin spesial pada promo puncak di tanggal 20 April dengan penawaran Voucher Cashback Rp1, Minimarket Pasti Diskon, hingga Cashback 100% Seharian !

“Shopee sangat senang selalu berbagi inspirasi kepada masyarakat Indonesia dalam membantu memenuhi kebutuhan kehidupan sehari-hari, terutama di momen hangat bulan suci Ramadan tahun ini. Seluruh pengguna Shopee dapat memenuhi kebutuhannya dengan memanfaatkan beragam penawaran menarik selama kampanye Big Ramadan Sale. Kami percaya, Sobat Shopee sekalian pasti memiliki keunikan dan potensi berharga dalam diri masing-masing. Penting untuk kita dapat mengekspresikan hal itu agar dapat mengembangkan  diri menjadi versi yang lebih baik lagi kedepannya, terlebih mendapatkan keberkahan selama mensucikan diri di bulan Ramadan.” tutup Putri Lukman, Head of FMCG Shopee Indonesia.

Comment